Airport Corner

Pilot Laporkan Ada Balon Udara Terbang di Wilayah Pekalongan

Balon udara hal yang paling ditakuti sejumlah maskapai penerbangan. Baru-baru ini beberapa pilot melihat keberadaan balon udara

Pilot Laporkan Ada Balon Udara Terbang di Wilayah Pekalongan
tribunjateng/yasmine aulia
Progres proyek pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang, 3 April 2018. Pelaksana proyek menargetkan bandara ini bisa beroperasi sebelum Lebaran 2018 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Balon udara hal yang paling ditakuti sejumlah maskapai penerbangan. Baru-baru ini beberapa pilot melihat keberadaan balon udara yang terbang di perbatasan Pekalongan-Pemalang.

Manager Keselamatan Air Navigasi (Airnav), Tavip Supriyatno mengungkapkan, terdapat laporan dua balon yang dilepaskan oleh warga pada 6 April.

Keberadaan balon tersebut dilihat oleh pilot pesawat Citilink dan Batik Air di ketinggian 8.000 kaki hingga 13 ribu kaki.

"Balon ditemukan di perbatasan Pekalongan dan Pemalang pada sore hari sekitar pukul 17.00," terangnya, Selasa (10/4).

Adanya laporan dari pilot, pihaknya menindaklanjuti dengan melihat posisi balon, arah angin, dan memberitahukan kepada maskapai penerbangan lainnya.

Pemberitahuan ini bertujuan agar pilot lebih waspada dengan balon yang diterbangkan tersebut. "Balon yang diterbangkan itu tentunya besar dan bisa terbang di ketinggian 13 ribu kaki," ujarnya.

Pihak Airnav juga melaporkan kejadian tersebut kepada aparat. Namun saat dilaporkan, pihak berwajib tidak mengetahui kegiatan penerbangan balon tersebut.

"Tadi saya lapor ke aparat, mereka tidak tahu ada penerbangan balon," tuturnya.

Kejadian tersebut, pihaknya langsung melakukan sosialiasi yang diselenggarakan di Hotel Grand Santika Pekalongan. Kegiatan itu dihadiri otoritas Bandara, wali kota, bupati, lurah, warga Pekalongan, dan ulama.

"Tadi memaparkan sosialiasi pelepasan balon udara yang aman bagi tradisi budaya Pekalongan, dan aman untuk penerbangan," jelasnya. (*)

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved