Naik BRT Semarang Gunakan QR Code Tcash Dapat Cashback 50 Persen

transaksi QR Code. Keberadaan produk baru ini lebih mempermudah masyarakat Kota Semarang bertransaksi nontunai.

Naik BRT Semarang Gunakan QR Code Tcash Dapat Cashback 50 Persen
ISTIMEWA
Seorang petugas melakukan pemindaian QR-Code penumpang Trans Semarang.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Produk mobile financial services PT Telkomsel ada produk baru.

Sebelumnya menghadirkan produk Tcash Tap untuk membantu transaksi pembayaran tiket Bus Rapid Trans (BRT) Semarang, kini ada produk baru yakni melalui penggunaan metode transaksi QR Code.

Keberadaan produk baru ini lebih mempermudah masyarakat Kota Semarang bertransaksi nontunai.

Secara khusus pula pengguna QR Code berkesempatan memperoleh cashback sebesar 50 persen.

"Cashback 50 persen ini berlaku mulai saat ini hingga 31 Desember 2018 mendatang. Adanya tambahan keuntungan bagi pelanggan itu, diharapkan dapat mendorong peningkatan adopsi penggunaan transaksi nontunai di Kota Semarang," ucap CEO Tcash Danu Wicaksana kepada Tribunjateng.com, Rabu (11/4/2018).

Dia berharap, dari yang dilakukan Tcash tersebut, setidaknya sebagai wujud konkret perusahaan dalam mendukung program Pemerintah Kota Semarang dalam penyediaan sistem transportasi yang terintegrasi sehingga ke depannya semakin terwujud pula berkurangnya kemacetan di Kota ATLAS itu.

"Teknisnya cukup mudah. Untuk membeli tiket menggunakan QR Code Tcash tersebut, mereka hanya cukup datang ke Shelter BRT terdekat sesuai rute yang hendak dituju. Lalu, buka aplikasi Tcash Wallet," tuturnya.

Lanjutnya, pelanggan pilih menu bertuliskan Token, masukkan PIN, dan tunjukkan QR Code kepada petugas yang ada di Shelter BRT Semarang tersebut. Apabila tidak ada petugas, bisa diperlihatkan pula kepada petugas di dalam bis untuk dipindai.

"Tiket bakal secara otomatis terbeli setelah proses scan (pindai) QR Code itu. Sebagai bukti, nantinya pelanggan peroleh notifikasi jika pembayaran tiket BRT Semarang telah sukses dilakukan," jelasnya.

Sesuai tarif yang berlaku untuk seluruh rute BRT Semarang, Rp 3.500 per orang untuk pengguna umum. Sedangkan khusus untuk pelajar hanya Rp 1.000 per orang.

Head of Corporate Communication Tcash Dinda Sarasannisa Fatimah menambahkan, jalinan kemitraan bersama Pemkot Semarang melalui BRT Semarang tersebut sebenarnya telah dilakukan sejak 2017 silam.

Dan sekadar informasi, tambahnya, hingga April 2018 ini Tcash telah melayani sekitar 20 juta pelanggan yang tersebar di 34 provinsi Indonesia. Adapun segmentasi yang dibidik adalah lifestyle dan mikro.

"Untuk di Jawa Tengah, merupakan yang cukup tinggi. Pelanggan Tcash di sini sudah mencapai sekitar 1,5 juta pelanggan. Notabene pun adalah masyarakat Kota Semarang," jelasnya.(*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved