Di Pati, Presiden PKS Membeli Satu Ton Garam. Untuk Apa? Ini Katanya

Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman mengunjungi Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Pati, Jumat (13/4/2018)

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah
Tribunjateng.com/Rifqi Gozali
Sohibul Iman saat menerima garam dari seorang pengepul di Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Pati, Jumat (13/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman mengunjungi Desa Pecangaan, Kecamatan Batangan, Pati, Jumat (13/4/2018).

Di kampung pesisir tersebut, Mohammad Sohibul Iman meninjau gudang penyimpan garam milik seorang pengepul. Selanjutnya, orang nomor satu di PKS ini juga menyempatkan diri memberikan bantuan kepada berupa bibit mangrove.

Tak lupa, Sohibul Iman membeli satu ton garam dari seorang pengepul bernama Sukino. Garam sebanyak itu, kata Shohibul, akan disumbangkan kepada warga sekitar agar hisa digunakan untuk menggarami ikan laut.

"Satu ton berat, tidak mungkin kami bawa. Garam ini disumbangkan saja ke ibu-ibu pengolah ikan untuk dibikin asin," kata Sohibul.

Sohibul membeli garam sebanyak itu dengan harga Rp 2.200 per kilogram. Harga tersebut menurutnya tidak seberapa dibanding jerih payah petani garam.

Garam tersebut sedianya akan dijual ke pasaran. Namun harga di pasaran anjlok sampai Rp 1.500 lantaran adanya garam impor.

"(Kami) belinya dengan harga yang wajar. Kereka sudah dapat untung. Karena mereka (pengepul garam) membeli dari petani Rp 1.600, mau dilempar ke pasar harga jatuh karena ada impor garam dari Australia," katanya.

Menyoal turunnya harga garam lantaran ada kebijakan impor dinilai membuat petani merugi. Oleh karena itu, Sohibul berharap pemerintah punya kepedulian agar petani garam tidak rugi atas imbas dari kebijakan pemerintah.

"Harapannya pemerintah punya kebijakan yang baik. Kami minta ke Pak Jokowi agar kebijakannya lebih baik lagi," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved