KISAH! Pembuat Gula Aren di Batang Ini Gantungkan Hidup pada Alam

Sesampainya di tempat tujuan, ia pun langsung memanjat pohon aren menggunakan tangga yang sudah terpasang.

KISAH! Pembuat Gula Aren di Batang Ini Gantungkan Hidup pada Alam
budi susanto

TRIBUNJATENG.COM - Pagi-pagi buta, Sukirno (55), sudah bersiap pergi ke hutan yang berada di sekitar wilayah itu. Warga Dukuh Silegong, Desa Sodong, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang itu adalah pengambil nira dari pohon aren untuk diolah menjadi gula.

Sebuah bambu cukup besar sepanjang sekitar 2 meter yang sudah diikat dengan tali tampak dibawanya di pundak sebelah kiri, sedangkan di pinggangnya tergantung sebilah golok.

Setelah berjalan menyusur bukit sekitar 3 Km, sesaat Sukirno berhenti mengusap peluh yang mengucur dari dahinya. Jalan berkelok disertai tanjakan seolah tak menghambat langkahnya menuju hutan yang terletak di lereng sebuah bukit di wilayah itu.

Sesampainya di tempat tujuan, ia pun langsung memanjat pohon aren menggunakan tangga yang sudah terpasang.

Sukirno tampak begitu cekatan. Di pohon itu, ia mengambil air nira yang sudah ditampung pada sepotong bambu, dengan memindahkannya pada bambu yang dibawa dari rumah.

Tak butuh waktu lama, ia pun turun dan bergegas kembali ke rumah. Sampai di rumah, sang istri Sulastri (50) tengah menunggu untuk memasak air nira yang dibawanya dari hutan.

Di dapur sederhana yang dimiliki di rumahnya, Sukirno menceritakan kisahnya menjadi pembuat gula aren.

"Sudah puluhan tahun saya menjadi pembuat gula aren, tetapi saya bersyukur tidak mengandalkan orang lain. Dari hasil menjual gula aren, saya bisa mencukupi kebutuhan keluarga," ujarnya, Kamis (12/4).

Sukirno menuturkan, ia merawat dua pohon aren yang hasil nira dari pohon itu hingga kini menjadi sumber mata pencaharian baginya.

"Dari awal hanya merawat dua pohon aren. Sebelum anak saya lahir hingga kini sudah punya tiga anak dan dua cucu, pohon tersebut masih bisa saya ambil airnya," papar dia.

Tak mengeluh

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved