Terkait Robohnya Jembatan Widang, Bupati Tuban: Sudah Pernah Diingatkan

Ia menyebut pihak Polres Tuban pernah mengingatkan mengenai kondisi jembatan itu namun tidak ada tanggapan dari instansi terkait.

Terkait Robohnya Jembatan Widang, Bupati Tuban: Sudah Pernah Diingatkan
surya/istimewa
Jembatan Babat-Widang 

TRIBUNJATENG.COM, TUBAN - Bupati Tuban, Fathul Huda, mendatangi lokasi ambruknya jembatan Widang-Babat, Selasa (17/4/2018), sekira pukul 15.00 WIB.

Ia menyebut pihak Polres Tuban pernah mengingatkan mengenai kondisi jembatan itu namun tidak ada tanggapan dari instansi terkait.

"Sudah pernah diingatkan atau disampaikan oleh Kapolres Tuban, dikatakan jembatan itu sudah waktunya diperbaiki," kata Bupati. Fathul Huda secara gamblang menyebut tidak adanya respon dari instansi terkait mengenai kondisi jembatan itu.

Padahal, menurutnya, jembatan itu merupakan penghubung jalan pantura atau jalan nasional. "Tidak ada respon dari Kementrian PUPR, kondisi jembatan yang tidak layak ini sudah disampaikan Polres. Nggak tahu mengapa tak kunjung ada perbaikan," katanya.

Runtuhnya jembatan Widang di Tuban juga menjadi perhatian calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Gus Ipul pun meminta pemerintah pusat sebagai pengelola jembatan tersebut melakukan penyelidikan. Gus Ipul mengaku ikut prihatin terkait musibah itu.

"Kita prihatin sekaligus berbelasungkawa. Kami mendengar kabar ada korban dari runtuhnya jembatan tersebut," ujar Gus Ipul.

Wakil Gubernur Jawa Timur yang kini sedang cuti tersebut meminta pemerintah pusat untuk menyelidiki penyebab kerusakan jembatan ini. "Jembatan itu memang masuk wewenang pemerintah pusat. Memang harus ada sikap dari Balai Besar Jalan Nasional sebagai pengelola jembatan," ujar Gus Ipul.

Menurutnya, penyelidikan perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab runtuhnya jembatan, apakah karena human error atau faktor lain.

"Kejadian seperti ini seharusnya menjadi peristiwa terakhir. Jembatan secara berkala harus dilakukan pemeriksaan. Apalagi untuk jembatan yang berusia di atas 20 tahun," ujarnya. (TRIBUN JATENG/CETAK)

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved