Jangan Gunakan Bra Terlalu Kencang, Pilih Sesuai Ukuran Agar Tak Terjadi Hal Ini

Seiring perkembangan zaman, bra memiliki berbagai macam motif supaya orang tertarik untuk membeli.

Jangan Gunakan Bra Terlalu Kencang, Pilih Sesuai Ukuran Agar Tak Terjadi Hal Ini
net
Ilustrasi Bra 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bra merupakan pakaian dalam yang digunakan oleh perempuan dan memiliki fungsi cukup penting, yaitu melindungi payudara dari gesekan ketika sedang beraktivitas sehari-hari.

Seiring perkembangan zaman, bra memiliki berbagai macam motif supaya orang tertarik untuk membeli.

Tapi di luar itu ada masalah yang lebih penting yaitu bagaimana penggunaan bra yang aman dan nyaman terutama ketika melakukan aktivitas seharian.

Di kesempatan kali ini Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di RS Hermina Banyumanik Semarang, dr. Endang Erwinanti, Sp.KFR mengungkapkan pemakaian Bra yang terlalu ketat akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

dr. Endang Erwinanti, Sp.KFR, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Hermina Semarang.
dr. Endang Erwinanti, Sp.KFR, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Hermina Banyumanik Semarang. (Tribun Jateng/Desta Leila Kartika)

Karena perlu diketahui khususnya daerah bahu terdapat sekitar 15 otot dengan pemakaian bra yang terlalu ketat otot-otot ini bisa terjepit atau tergencet.

Pada dasarnya otot ini fungsinya untuk menggerakan sendi, dan pemakaian bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan gangguan.

"Misal hanya sesekali otot ini tergencet bra yang terlalu ketat tidak apa-apa, tapi kalau sudah menjadi kebiasaan dan terus menerus otomatis akan terganggu," kata dr Endang.

Efeknya, lanjutnya, yang dirasakan seperti pegal-pegal atau nyeri di sekitar bahu. Efek lain adalah menganggu pernapasan.

Pada bagian dada terdapat otot-otot intercostal yang saat sedang bernapas akan mengembang dan ketika proses tersebut sedang menggunakan bra yang terlalu ketat pengembangan dada akan berpengaruh.

Jadi, udara yang dihirup bisa berkurang jumlahnya dan berpengaruh dengan perkembangan paru-paru atau pernapasan.

"Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan pemakaian bra, bisa diawali dengan pemilihan bahan bra tersebut. Misal lebih baik memilih bahan yang katun, menyerap keringat, dan tidak usah menggunakan yang macam-macam," ujarnya.

Selain itu dr. Endang mengatakan pilihlah bra yang bisa menyangga payudara, sesuai ukuran, nyaman, tidak perlu busa yang bahannya dari gell atau yang aneh-aneh.

Karena dikhawatirkan terdapat bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

"Jangan menggunakan bra terlalu ketat dan terlalu longgar, pilih tali yang ukurannya lebar supaya menyangga lebih nyaman," tandasnya.(*)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved