Antisipasi Datangnya Musibah, Sejumlah Elemen Ikuti Simulasi Penanganan Bencana Alam

Jajaran Polres Pekalongan dan BPBD Kabupaten Pekalongan adakan simulasi penangananan bencana di Lapangan Setda Pemkab setempat, Kamis (26/4/2018)

Antisipasi Datangnya Musibah, Sejumlah Elemen Ikuti Simulasi Penanganan Bencana Alam
Tribun Jateng/Budi Susanto
Simulasi penanganan bencana yang dilakukan jajaran Polres Pekalongan bersama BPBD Kabupaten Pekalongan di Lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (25/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sebagai upaya mengantisipasi datangnya bencana alam, Jajaran Polres Pekalongan dan BPBD Kabupaten Pekalongan adakan simulasi penangananan bencana di Lapangan Setda Pemkab setempat, Kamis (26/4/2018).

Adapun dalam kegiatan tersebut baik personil Polres, BPBD, Kodim 0710, PMI Kabupaten Pekalongan menyiagakan anggotanya untuk menghadapi berbagai kemungkinan bencana.

Selain persiapan personel, berbagai peralatan pendukung penanggulangan bencana juga disiapkan.

Diterangkan KBO Sat Sabhara Iptu Aris Suharsono, kewajiban sebagai pelayan dan pelindung masyarakat, Polri harus siap siaga apabila dibutuhkan dalam segala hal, termasuk bila dibutuhkan sebagai tim evakuasi bila terjadi bencana.

“Kami siap bersinergi dengan semua elemen untuk melayani masyarakat, kapan pun dan di manapun, itu sudah kami lakukan saat terjadi bencana longsor di kabupaten Brebes," ujarnya.

Simulasi penanganan bencana yang dilakukan jajaran Polres Pekalongan bersama BPBD Kabupaten Pekalongan di Lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (25/4/2018).
Simulasi penanganan bencana yang dilakukan jajaran Polres Pekalongan bersama BPBD Kabupaten Pekalongan di Lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (25/4/2018). (Tribun Jateng/Budi Susanto)

Pihaknya menambahkan jajaran Polres Pekalongan akan siaga 24 jam jika dibutuhkan dalam penanggulangan bencana.

"Sudah ada regu piket dari unit dalmas yang stanby 24 jam setiap harinya yang siap membantu evakuasi apabila terjadi bencana di wilayah Kabupaten Pekalongan," ujarnya.

Kekuatan personel yang ada, imbuhnya, bisa di tambah apabila memang memerlukan tenaga personel dalam jumlah lebih banyak.(*)

Simulasi penanganan bencana yang dilakukan jajaran Polres Pekalongan bersama BPBD Kabupaten Pekalongan di Lapangan Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (25/4/2018).

Penulis: budi susanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved