DLH Kota Semarang Minta Izin Usaha PT Havindo Dikaji Ulang

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang Minta DPMPTSP Jawa Tengah untuk mengkaji ulang Izin Usaha PT Havindo Dikaji

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang meminta Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah untuk mengkaji ulang izin usaha yang diberikan kepada perusahaan pakan ternak, PT Havindo Pakan Optima.

Permintaan tersebut disampaikan menyusul dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Wali Kota Semarang terkait pencabutan Izin Lingkungan kepada perusahaan yang terletak di Kawasan Industri Candi, Kota Semarang.

"Kami sudah mengirim surat ke DPMPTP Jawa Tengah yang isinya permintaan agar mengkaji ulang izin usaha PT Havindo pada 19 April kemarin," kata Kasi Sengketa Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Nur Amani, saat menerima audiensi perwakilan warga yang mengeluhkan pencemaran lingkungan PT Havindo di ruang rapat Sekda Kota Semarang, Rabu (25/4/2018).

Nur Amani menyatakan, Wali Kota Semarang sudah mengeluarkan surat pencabutan izin lingkungan kepada PT Havindo.

Akan tetapi, katanya, ada izin lain yang mendasari perusahaan pakan ternak itu masih operasional sampai sekarang yaitu izin usaha.

"Lha izin usaha itu yang mengeluarkan atau menerbitkan adalah DPMPTSP Jawa Tengah. Bukan Pemkot Semarang. Sehingga kewenangannya ya di Provinsi," ujarnya.

Amani menuturkan, pihaknya akan mengawal surat tersebut agar segera ditindaklanjuti oleh DPMPTP.

"Kami akan mengawal surat itu sampai ada hasil dari DPMPTSP. Kami minta warga juga proaktif menanyakan ke kami dan DPMPTSP secara langsung mengenai perkembangannya," pintanya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved