Perpustakaan Umum Desa Cerah Wonokerto Wakili Kabupaten Pekalongan di Jateng

Diketahui dari 19 perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Pekalongan, Perpustakaan umum Desa Cerah perpustakaan terbaik.

Perpustakaan Umum Desa Cerah Wonokerto Wakili Kabupaten Pekalongan di Jateng
tribunjateng/budi susanto
Tim penilai perspustakaan dari Provinsi Jateng saat menilai perpustakaan umum Desa Cerah, Kamis (26/4/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Rapi, bersih dan berperan untuk menambah ilmu masyarakat. Begitulah gambaran Perpustakaan umum Desa Cerah Kecamatan Wonopringgo yang terpilih maju mewakili Kabupaten Pekalongan ke lomba Perpustakaan umum desa dan sekolah tingkat Provinsi Jateng.

Diketahui dari 19 perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Pekalongan, Perpustakaan umum Desa Cerah merupakan perpustakaan terbaik.

Hal tersebut dikatakan Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pekalongan Tuti Iriyanti saat menerima Tim Penilai Lomba Perpustakaan Antar Desa dan Sekolah Tingkat Propinsi Jawa Tengah baru-baru ini di Kantor Perpusda Kabupaten Pekalongan, Kamis (26/4/2018).

“Menurut pengamatan kami, perpustakaan ini adalah perpustakaan yang terbaik, baik dari segi pendanaan maupun peran serta masyarakat yang sangat luar biasa. Bahkan dari dana desa juga telah dialokasikan untuk pembangunan gedung perpustakaan umum Desa Cerah,” ujarnya.

Peran tokoh masyarakat dan tokoh agama di desa untuk menyumbangkan buku juga menjadi penilaian tersendiri bagi pihaknya.

“Untuk kelas perpustakaan desa, perpustakaan Cerah memiliki sekitar 3.000 buku. Hal ini berkat kerjasama semua pihak, baik perangkat desa, tim penggerak PKK dan Karang Taruna,” tambahnya..

Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari 19 kecamatan dengan 285 desa, telah ada perpustakaan umum desa sebanyak 177 perpustakaan, perpustakaan rumah ibadah 53 buah dan perpustakaan sekolah 91 buah.

“Kami akan berupaya terus untuk mencapai target kami yaitu semua desa di Kabupaten Pekalongan memiliki perpustakaannya,” paparnya.

Sementara itu tim penilai perpustakaan desa SP Andriani, menyampaikan Kabupaten Pekalongan merupakan kunjungan ke 5 timnya dari 6 kabupaten yang akan dikunjungi.

“Nantinya juara akan kami ajukan ke tingkat nasional. Kami sangat berterimakasih kepada warga desa atas usahanya untuk menumbuhkan minat baca msayarakat,” timpalnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved