Pagelaran Wayang Spetakuler 9 Dalang di Alun-alun Kota Tegal

Warga kembali memadati Alun-alun Kota Tegal untuk melihat pementasan wayang spetakuler 9 dalang yang mengangkat lakon Bisma Sang Patriot

Pagelaran Wayang Spetakuler 9 Dalang di Alun-alun Kota Tegal
istimewa

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL – Warga kembali memadati Alun-alun Kota Tegal untuk melihat pementasan wayang spetakuler 9 dalang yang mengangkat lakon Bisma Sang Patriot dalam rangka peringatan hari jadi ke-438 Kota Tegal, Minggu (29/4/2018) malam.

Dibawakan oleh Dhalang Ki Anton Surono, Ki Suyanta, Ki Sasmito, Ki Sugeng, Ki Hanung, Ki Ragil Suloso, Ki Agus Bagong, Ki Tobat Surono dan Ki. M. Suyanto, secara bergantian para dalang membawakan cerita yang mengisahkan perang Barathayudha Jaya Binangun, perang besar antara Kurawa dan Pandawa.

Sesaat sebelum pementasan secara simbolik Plt. Sekda Kota Tegal, Drs. Yuswo Waluyo menyerahkan wayang kepada perwakilan dalang yang tampil di acara tersebut.

Pagelaran Wayang
Pagelaran Wayang (istimewa)

Disampaikan oleh Plt Sekda Kota Tegal, Drs. Yuswo Waluyo yang mewakili Pjs Walikota Tegal Drs.  Achmad Rofai, M.Si dalam sambutannya mengatakan keberadaan wayang yang tumbuh di Kota Tegal, secara fungsional dapat menjadi filter bagi penetrasi budaya manca, yang tidak selaras dengan jati diri kepribadian bangsa.

Ini artinya, tetap memantapkan ketahanan nasional dan meperkokoh benteng pertahanan budaya bangsa, bertumpu dan ditentukan oleh vitalitas yang ada dalam diri masyarakat melalui potensi seni dan budayanya.

“Saya berharap ke depan pengembangan budaya daerah seperti pengembangan budaya tradisional apapun bentuknya terus tumbuh apalagi sekarang ini dewan kesenian Kota Tegal sudah dibentuk, "ujarnya.

menurutnya pekerjaan rumah saat ini bagaimana dewan kesenian ini bisa menyatupadukan potensi - potensi kesenian yang ada, seperti gambaran pentas 9 dalang tersebut yang bisa tampil harmoni.

Pagelaran Wayang
Pagelaran Wayang (istimewa)

"Saya berharap eksistensi Wayang Tegal jangan mati. Ki Barep boleh meninggalkan kita semua, namun kesenian wayang di Kota Tegal jangan mati, terus tumbuh agar benar - benar menjadi bagian perwujudan revitalisasi kehidupan generasi muda Kota Tegal yang penuh dinamis, serta mendorong semangat membangun dan cinta tanah air,” tambahnya.

Pengembangan di bidang kesenian di kalangan generasi muda sangat bermanfaat, melalui pem-belajaran seni,  generasi muda dapat  mengembangkan kemampuan mengekspresikan diri dengan berbagai cara dan media, sehingga terciptalah karya kreativitas yang beradab.

Menjadi bagian dari pengembangan generasi muda untuk bisa mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk, serta mengem-bangkan kemampuan imajinatif intelek-tual, ekspresi, kepekaan rasa, dan ketrampilan seni dalam berkreasi dan menumbuhkan rasa nasionalisme melalui karya seninya. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved