Ototrend

Arya Puas Memodifikasi Mobil Berkonsep Semi Sport, Apa saja yang Diganti?

"Ini bukan cat, melainkan stiker serat. Saya pasang di sebuah bengkel variasi di Jogja. Prosesnya enggak lama, cuma satu hari langsung jadi,"

Arya Puas Memodifikasi Mobil Berkonsep Semi Sport, Apa saja yang Diganti?
tribunjateng/Faizal M Affan/ist
Mobil Brio dimodifikasi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setiap orang memang mempunyai ciri yang berbeda-beda, ketika suka memodifikasi mobil kesayangannya. Termasuk yang dilakukan Arya, saat mulai mengubah tampilan Honda Brio Satya E miliknya. Selepas wisuda dan bekerja, Arya kemudian menyisihkan uang dari hasil kerja kerasnya untuk memodifikasi mobil. Dari sekian bagian, yang pertama ia ubah adalah keseluruhan bodi mobil.

"Ini bukan cat, melainkan stiker serat. Saya pasang di sebuah bengkel variasi di Jogja. Prosesnya enggak lama, cuma satu hari langsung jadi," ucap Arya.

Hasilnya, jika terkena sinar matahari maupun cahaya lampu, bagian siku bodi akan memantulkan cahaya mengkilap. Inilah yang membedakan dengan stiker decal glossy maupun doff. Warna hijau menjadi pilihan Arya, karena menjadi warna favorit. Sekaligus, tak banyak pabrikan mobil yang menciptakan warna hijau seperti yang digunakan Arya. Semenjak dipasang hingga sekarang, hampir tidak ada bagian stiker yang mengelupas.

"Stiker ini memang kualitasnya bagus. Nyatanya sampai sekarang masih oke-oke saja, tidak ada bagian yang terkelupas," paparnya.

Tak puas hanya dengan mengubah tampilan bodi, Arya kemudian mengganti velgnya. Ia memilih merek Lenso ukuran 15 inch. Velg ini berbentuk seperti bintang berwarna perak yang di tengahnya terdapat baut variasi. Arya sengaja tidak menggunakan velg dengan ukuran besar, karena masih memperhatikan jarak bodi dan kenyamanan berkendara. Ia tahu, velg yang terlalu besar akan membuat rentang suspensi semakin sempit.

"Saya sengaja tidak pakai terlalu besar, supaya ban tidak menempel ke bodi. Apalagi, mobil ini juga akan saya ikutkan di kejuaraan drag kelas standar," ucap pria ini.

Benar kata Arya, dalam waktu dekat ini, ia akan mendaftarkan diri untuk mengikuti balapan drag di Semarang. Tentunya bukan hanya modal velg dan warna bodi, bagian interior mobil juga sudah diubahnya. Di antaranya ada jok racing merek Sparco lengkap dengan seat belt Takata. Bukan hanya sekadar variasi, jok tersebut akan memberinya kenyamanan dan keamanan saat mengemudi dengan kecepatan tinggi.

"Jok ini sudah banyak yang pakai. Terutama mereka yang suka balap mobil. Karena ingin ikut drag, jadi kelengkapan ini juga harus ada. Termasuk besi x-bar yang ada di belakang," tambahnya.

X-bar yang digunakan Arya berguna untuk membuat bodi bagian belakang mobil menjadi lebih kaku, dan hasilnya akan menahan roda tidak terangkat dari jalanan yang kurang mulus. Tapi dampak buruknya, karena masih menggunakan suspensi standar, mobil akan terasa sedikit terguncang jika melalui jalan beton. Hal itu bukan masalah bagi Arya, karena mobil ini memang bukan untuk muatan keluarga.

"Dua jok penumpang belakang juga saya lepas. Memang sengaja saya buat semi sport. Ada juga tachometer, untuk menunjukkan status RPM mesin," katanya.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved