Link and Match Dunia Usaha, Astra Honda Motor Gelar Sarasehan 150 SMK se-Jawa Bali dan NTB

Sedikitnya 150 Kepala Sekolah SMK TBSM yang berada di Jawa, Bali dan NTB hadir dalam kegiatan sarasehan

Penulis: raka f pujangga | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/RAKA F PUJANGGA
Deputy Head of Corporate Communication Division AHM, Ahmad Muhibbuddin (kedua dari kiri) menyerahkan penghargaan berupa bantuan sepeda motor CBR250RR untuk kegiatan praktik diberikan AHM kepada SMK 3 Muhammadiyah Weleri sebagai SMK percontohan yang ada di Jawa Tengah, di Semarang, Kamis (3/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai bentuk nyata dari kepedulian Honda di bidang pendidikan, PT Astra Honda Motor dan Astra Motor Jawa Tengah menggelar Sarasehan SMK TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) Astra Honda, di Hotel Harris, Semarang, Kamis (3/5/2018).

Sedikitnya 150 Kepala Sekolah SMK TBSM yang berada di Jawa, Bali dan NTB hadir dalam kegiatan sarasehan, yang ‎mengangkat tema 'Satu Hati Tingkatkan Kualitas SMK TBSM Astra Honda'.

Sarasehan itu digelar untuk menggali aspirasi dan potensi guna merumuskan masa depan SMK yang lebih baik melalui 'link and match' dengan dunia usaha.

Manager SHEP Astra Motor Semarang Visiawan Andhika, mengatakan pihaknya memiliki semangat yang sama untuk memajukan pendidikan sebagai kontribusi aktif mendukung peningkatan kompetensi generasi muda di bidang otomotif.

Sebagai realisasinya, penerimaan siswa lulusan SMK TBSM Astra Honda oleh jaringan AHASS di Jawa, Bali, dan NTB mencapai angka 39 persen.

"Di wilayah Astra Motor Jateng terdapat sekitar 340 AHASS dan 62 SMK TBSM. Untuk kebutuhan mekanik di AHASS, kita fokuskan untuk diisi oleh lulusan SMK sehingga sampai saat ini sebanyak 60 persen kebutuhan mekanik di AHASS berasal dari SMK di Jawa Tengah," ujar dia.

Guna mempersiapkan hal tersebut, seluruh siswa SMK TBSM dipersiapkan dengan melakukan magang di AHASS.

Dalam sarasehan ini terdapat sesi diskusi yang mana hasil diskusinya dapat menjadi referensi dalam mengembangkan standardisasi pengelolaan sekolah hingga upaya peningkatan kualitas tenaga pengajar di SMK TBSM Astra Honda.

Peningkatan kualitas SMK TBSM Astra Honda telah diwujudkan melalui pelatihan dan sertifikasi guru serta standardisasi kelengkapan alat praktik di sekolah.

Sarasehan ini dihadiri juga Ahmad Muhibbuddin (Deputy Head of Corporate Communication Division AHM), Lucas Prana Sunarja (HR Division Head AHM), Saryadi (Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri (Kemendikbud) dan Andi Suprijanto (Bagian Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah).

Muhibbuddin menambahkan, melalui kegiatan tersebut dapat menciptakan engagement antara Honda dan SMK.

Sehingga dapat tercipta formulasi yang tepat untuk membentuk kurikulum teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM).

"‎Sehingga kami juga bisa mendapatkan feedback dari SMK mengenai kurikulum TBSM tersebut," ujar dia.

Jumlah SMK secara nasional binaan Astra Honda Motor terdapat sebanyak 665 SMK dan lulusannya diharapkan dapat bekerja di pabrik AHM atau jaringan AHASS yang ada di seluruh Indonesia.

"Setiap tahun kami juga memberikan 10 beasiswa bagi siswa terbaik untuk masuk ke Politeknik Manufaktur Astra," ujar dia.

Pada kesempatan itu, penghargaan berupa bantuan sepeda motor CBR250RR untuk kegiatan praktik diberikan AHM kepada SMK 3 Muhammadiyah Weleri sebagai SMK percontohan yang ada di Jawa Tengah. SMK 3 Muhammadiyah Weleri merupakan SMK TBSM yang sudah menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Jawa Tengah.

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved