Breaking News:

Pilgub Jateng

KPU Kendal Ajarkan Cara Memilih pada Tuna Netra di Pilgub Jateng

KPU Kendal menjamin hak suara penyandang disabilitas dalam Pilgub Jateng 2018, terutama penyandang tuna nertra.

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Dhian Adi Putranto
Petugas KPU Kendal memberikan arahan mencoblos kepada penyandang tuna netra. 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal menjamin hak suara penyandang disabilitas dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018, terutama penyandang tuna nertra.

Hal itu KPU lakukan dengan cara mengadakan sosialisasi cara memilih calon gubernur pada Sabtu (5/5/2018) sore, yang pesertanya para penyandang tuna netra.

Anggota KPU Kendal Divisi Partisipasi Masyarakat, Hevy Indah Oktaria Dalam sosialisasi itu tak hanya cara memilih, namun KPU juga memberikan pendidikan poltik dan pengenalan visi dan misi calon gubernur.

"Kami didalam acara itu mengadakan simulasi memilih. Surat suara para penyandang tuna netra pun juga berbeda dengan surat suara pada umumnya. didalam surat suara itu terdapat hurung braile," ujar Hevy.

Ia menambahkan untuk mempermudah para tuna netra yang tidak dapat membaca huruf braile, pihaknya juga menyediakan bingkai yang disesuaikan dengan ukuran foto paslon agar para tuna netra memilih dengan tepat pada gambar paslon.

Seorang peserta sosialisasi, Lilik Saefudin mengatakan, dirinya mengapresiasi perhatian KPU terhadap kaum penyandang tuna netra seperti dirinya.

"Setelah dijelaskan kami tidak mengalami kesulitan saat melakukan simulasi pencoblosan. Saya juga hafal betul lokasi paslon yang akan ia coblos nanti," pugkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved