Peminat Terus Meningkat, Tahun Ini 86.316 Peserta Berkeinginan Kuliah di Undip

“Hal tersebut bisa dilihat dari pendaftar yang memilih Undip baik itu sebagai pilihan pertama, kedua, maupun ketiga

Peminat Terus Meningkat, Tahun Ini 86.316 Peserta Berkeinginan Kuliah di Undip
Tribunjateng.com/Deni Setiawan
Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama meninjau (memonitoring) pelaksanaan ujian tulis peserta SBMPTN Tahun 2018 melalui sistem UTBK di Lingkungan Undip Kampus Tembalang Kota Semarang, Selasa (8/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Selasa (8/5/2018) ini sekitar 85 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia menggelar ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018.

Di Kota Semarang, ada 3 PTN yang menggelar dan dibagi berdasarkan kelompok atau kategori pilihan program studi (Prodi). Untuk di Universitas Diponegoro (Undip), dikhususkan untuk peserta ujian Kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum).

Di Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk Kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), dan di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang untuk Kelompok Campuran –Soshum dan Saintek--.

Khusus untuk Kelompok Soshum, terdata ada sekitar 18.490 peserta yang mengikuti ujian SBMPTN di tahun ini. Mereka pun tersebar di beberapa lokasi ujian baik menggunakan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) maupun Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC).

“Data kami, ada sekitar 460 peserta yang ujiannya melalui sistem UTBK dan sekitar 18.030 peserta melalui UTBC. Dan kami bersyukur hingga akhir pelaksanaan ujian, seluruhnya tidak ada kendala, lancar semua,” kata Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama.

Di sisi lain, lanjutnya kepada Tribunjateng.com, Selasa (8/5/2018), melihat data secara nasional, animo masyarakat berkeinginan melanjutkan studi di Undip cukup tinggi. Bahkan dapat dikatakan terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Hal tersebut bisa dilihat dari pendaftar yang memilih Undip baik itu sebagai pilihan pertama, kedua, maupun ketiga. Totalnya ada sekitar 86.316 peserta dan seluruhnya mengikuti ujian di berbagai wilayah,” terangnya.

Secara rinci, bebernya, Undip sebagai pilihan pertama ada sekitar 32.223 peserta, pilihan kedua sekitar 31.796 peserta, dan sebagai pilihan ketiga sekitar 22.297 peserta. Padahal, hanya akan diambil antara 30 hingga 40 persen dari kouta dalam penerimaan mahasiswa baru (PMB) di tahun ini.

“Pasca ujian ini, nanti hasil seleksinya akan diumumkan secara serentak pula pada 3 Juli 2018 pukul 17.00. Dimana semua peserta bisa mengaksesnya di lamanhttp://pengumuman.sbmptn.ac.id ,” ucap Yos Johan. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved