Dislutanak Jamin Stok Daging di Kabupaten Batang Aman Sampai Lebaran

Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutanak) menjamin stok daging di Kabupaten Batang sampai lebaran aman.

Dislutanak Jamin Stok Daging di Kabupaten Batang Aman Sampai Lebaran
tribunjateng/puthut dwi putranto
Harga Daging Sapi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani.

TRIBUNJATENG.COM,BATANG- Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutanak) menjamin stok daging di Kabupaten Batang sampai lebaran aman.

Hal itu dikatakan oleh, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutanak) Sugiatmo melalui Kabid Peternakan Endah Ulfiati kepada Tribunjateng.com.

"Setiap Ramadhan dan Idul Fitri permintaan daging memang tinggi. Masyarakat Batang tidak perlu khawatir karena kami jamin stok daging aman dan cenderung surplus,” tuturnya, Rabu (9/5/2018).

Endah mengungkapkan data terbaru di Dislutanak, stok daging sapi pertahunnya mencapai 6.861 ekor pertahun, untuk daging potong 6.200 ekor, sedangkan kebutuhan dagingnya di Batang cukup 5.500 ekor. Dari data itu, jadi ada kelebihan 700 ekor pertahun. Kelebihan tersebut biasanya dibawa keluar daerah seperti Jakarta, Tegal, Pemalang dan Pekalongan.

Sedangkan untuk konsumsi daging ayam ras setiap tahunnya mencapai 11.650.300 kilogram, kebutuhan dagingnya 5.357.055 kilogram, sehingga ada kelebihan sekitar 6.293.245 kg pertahunnya.

Daerah yang menerima kelebihan daging ayam ras adalah Salatiga,Jakarta ,Cirebon Pekalongan, Pemalang dan lainnya.

"Kebutuhan daging Masyarakat Batang setiap tahun cenderung hampir sama, sedangkan Populasi daging sapi dan ayam di Batang cukup bagus dan terus berkembang,” ujarnya.

Sebanding dengan itu, kenaikan populasi sapi di tahun 2016 berjumlah 19 ribu ekor, di tahun 2018 sudah mencapai 21 ribu ekor.

Kenaikan yang cukup menggembirakan tersebut tak lain melalui upaya dari program Pemerintah pusat yaitu program upaya khusus sapi atau kerbau induk wajib bunting (Upsus Siwab) yang digalakan sejak 2016. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved