Konsumen Keluhkan Taksi Tak Pakai Argo

Forum Grup Discussion (FGD) Konektifitas Moda Angkuta lanjutan Bandara Ahmad Yani Semarang di Hotel Dafam, Jumat (11/5).

Konsumen Keluhkan Taksi Tak Pakai Argo
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Forum Grup Discussion (FGD) Konektifitas Moda Angkuta lanjutan Bandara Ahmad Yani Semarang di Hotel Dafam, Jumat (11/5). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sarana transportasi masih menjadi permasalahan akses menuju Bandara Ahmad Yani Semarang.

Kepala Bidang Litbang Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (P2K) Jateng, Ismono mengatakan permasalahan pertama adalah taksi. Selama ini masih dikuasai oleh satu armada.

"Oleh sebab itu, masyarakat tidak dapat memilih kaitannya dengan armada itu sendiri," kata dia saat mengikuti Forum Grup Discussion (FGD) Konektifitas Moda Angkuta lanjutan Bandara Ahmad Yani Semarang di Hotel Dafam, Jumat (11/5).

Menurutnya, seharusnya masyarakat bisa memilih armada yang lain. Sehingga masyarakat bisa lebih nyaman dengan armada taksi yang diinginkannya.

"Jadi masukan masyarakat selama ini seperti itu, yakni armada taksi yang minim dan tarifnya juga. Selama ini tarif yang dikenakan pada taksi Bandara adalah borongan. Taksi tersebut tidak memberlakukan argometer," ujarnya.

Ismoyo menilai, harusnya kalau taksi menggunakan argometer. Peraturannya seperti itu. Kalau borongan namannya bukan taksi melainkan sewa.

Dikatakanya, taksi Bandara yang saat ini beroperasi menyalahi aturan. Selama ini sistem zona yang digunakan taksi Bandara dinilai lebih mahal dibandingkan dengan taksi beragometer.
"Harapan dari konsumen ke depan bagaimana taksi banyak pilihan, dan tarifnya menggunakan argometer," tandasnya.

Masalah berikutnya, kata Ismono, letak lokasi Bus Rapit Transit (BRT) yang jauh dari Bandara. Hal ini menyebabkan penumpang yang mau naik BRT harus keluar dari Bandara.

"Ini merupakan kendala. Masyarakat inginya begitu turun dari pesawat, bisa naik BRT dari Bandara," jelasnya.

Ia berharap kedepan bagaimana shelter BRT dapat lebih dekat dengan Bandara. Hal ini sangat memudahkan masyarakat dapat menggunakan BRT setelah dari Bandara.

Halaman
123
Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved