WOW! SMP N 17 Bukukan Rekor Dunia Penghargaan Kartun Internasional Terbanyak

Tercatat, SMP N 17 mengoleksi sebanyak 52 penghargaan internasional dalam setahun terakhir

WOW! SMP N 17 Bukukan Rekor Dunia Penghargaan Kartun Internasional Terbanyak
Tribunjateng.com/Hermawan Handaka
Salah satu pendamping pengajar seni kartun SMP N 17 sedang berbincang dengan kartunis perempuan di halaman SMP N 17 Semarang. SMP N 17 Semarang Bukukan Rekor Dunia dengan Penghargaan Kartun Internasional Terbanyak dari LEPRID. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng,Hermawan Handaka

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Suasana halaman sekolah SMP N 17 Semarang pagi itu terlihat ramai oleh ratusan siswa dan beberapa orang tua wali murid yang pagi itu sengaja datang untuk melihat karya pameran katun yang memenangkan kejuaraan tingkat dunia di Tiongkok.

Pameran yang digelar atas kerjasama Gold Pencil dan UWC itu diganjar dengan capaian rekor SMP dengan penghargaan kartun internasional terbanyak dalam setahun dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID).

Tercatat, SMP N 17 mengoleksi sebanyak 52 penghargaan internasional dalam setahun terakhir. Penghargaan terdiri dari kejuaraan kontes, finalis dan partisipasi pameran kartun internasional.

Salah satu siswa yang memenangkan Bronze Award dalam Cartoon Competition on Environmental Protection 2017 di Tiongkok beberapa waktu lalu, Hannani Trishima Anjani (15) mengungkapkan rasa bangga karena bisa mempersembahkan yang terbaik buat sekolah.

"Gak nyangka banget bisa menjadi juara di Tiongkok dalam kejuaraan kartun tingkat Internasional mengingat semua peserta juga menampilkan karya yang luar biasa. Dalam karyanya Hannani menceritakan tentang sebuah tank perang dimana tank yang biasanya dipergunakan untuk perang dia ubanh menjadi tank penyelamat umat manusia dan lingkungan dengan menggambarkan tank membantu manusia mengatasi kekeringan dan menyelamatkan alam dari kerusakan," ujarnya kepada Tribun Jateng.

Seorang remaja mengenakan seragam warna putih abu-abu. Ia menaiki buku berselancar di tengah gelombang tsunami dalam bentuk gawai. Remaja berkacamata itu tampak tenang. Itulah visual yang digambarkan kartunis senior Semarang, Jitet Koestana dalam sebuah karyanya yang dipamerkan di halaman SMP Negeri 17 Semarang, Sabtu (12/5).

Karya Jitet turut mewarnai pameran kartun internasional bertajuk "World Book Day Cartoon Exhibition 2018". Karya itu menunjukkan kepada pelajar bahwa buku dapat menyelamatkan anak-anak dari bahaya gawai.

Sebanyak 50 karya kartunis dari 32 negara yang tergabung dalam Union of World Cartoonists (UWC) yang berbasis di Turki.

Pameran ini juga menampilkan karya siswa dan puluhan sertifikat penghargaan tingkat internasional.

Halaman
123
Penulis: Hermawan Handaka
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved