Nuzul Ingin Baik Kreditur dan Debitur Mematuhi Putusan Perdamaian Yang Sudah Disahkan

Padahal, jika skema pembayaran sesuai dengan keputusan perdamaian, dan tidak dibayarkan, maka Aneka Ilmu dan Suwanto bisa dijatuhkan pailit.

Nuzul Ingin Baik Kreditur dan Debitur Mematuhi Putusan Perdamaian Yang Sudah Disahkan
TRIBUN JATENG/MUH RADLIS
Ilustrasi Pengadilan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Perdamaian, Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) CV Aneka Ilmu dan Suwanto, akhirnya disahkan oleh Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, pada Senin (14/5/2018).

Dimana sebelumnya, antara kreditur dan debitur Aneka Ilmu dan Suwanto, mensepakati adanya perdamaian dengan skema pembayaran hutang, dalam jangka waktu tertentu.

Dikatakan secara terpisah, oleh Kurator, pengurus PKPU tersebut, Nuzul Hakim, bahwa untuk jumlah kreditur, tagihan, dan skema pembayaran masih belum diketahuinya.

Padahal, jika skema pembayaran sesuai dengan keputusan perdamaian, dan tidak dibayarkan, maka Aneka Ilmu dan Suwanto bisa dijatuhkan pailit.

"Artinya debitur harus tunduk atas perjanjian perdamaian yang telah disetujui," jelasnya, Selasa (15/5/2018).

Bahkan, Nuzul mengungkapkan, pengesahan perdamaian dilakukan oleh majelis hakim PN sejak Rabu (9/5/2018) lalu.

"Dengan putusan mengesahkan perjanjian perdamaian antara CV Aneka Ilmu dan Suwanto dengan para krediturnya bersifat homologasi," bebernya.

Nuzul pun juga mengakui, bahwa skema pembayaran itu berbeda-beda antara kreditur dengan debitur.

"Skema pembayarannya masing-masing berbeda, oleh karena itu saya ingin, semuanya mematuhi keputusan perdamaian yang sudah ada," ujarnya.

Seperti informasi sebelumnya, kreditur atau pemberi hutang, baik separatis atau kongkuren, menyetujui proposal perdamaian yang diajukan debitur CV Aneka Ilmu dan Suwanto.

Perdamaian diputuskan oleh kedua pihak, dalam rapat kreditur dengan pelaksanaan voting. Bahkan, PKPU diajukan PT Alfa Polimer Indonesia terhadap CV Aneka Ilmu dan Suwanto itu, dikabulkan oleh Pengadilan Niaga Semarang melalui Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Tidak hanya itu, majelis hakim pun, dalam pemeriksa dan putusannya mengabulkan gugatan atas piutang PT Alfa Polimer, sebesar USD 10.803,33 terhadap CV Aneka Ilmu.(*)

Penulis: hesty imaniar
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved