Liputan Khusus

Kecanduan Gadget, Rendra Bisa Sampai Pukul Kepala sang Ayah

"Saat gadget yang ia pegang diambil, ia langsung marah, seringnya langsung memukul. Bahkan, tak jarang kepala saya ini dipukul,"

Kecanduan Gadget, Rendra Bisa Sampai Pukul Kepala sang Ayah
tribunjateng/ist
ilustrasi Anak-anak bermain gadget

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Gejala kecanduan gadget pada anak-anak menjadi keprihatinan tersendiri di tengah masyarakat, menyusul dampak negatif yang ditimbulkan.

Hal itu seperti dialami Rendra (2,5), balita asal Demak. Bocah lelaki itu langsung bereaksi saat gadget yang ia pegang diambil sang ayah.

"Saat gadget yang ia pegang diambil, ia langsung marah, seringnya langsung memukul. Bahkan, tak jarang kepala saya ini dipukul," kata Arif, ayah dari balita Rendra.

Selain itu, menurut dia, Rendra juga sulit ‎tidur saat malam hari jika tidak terlebih dahulu diperbolehkan memegang dan memainkan perangkat teknologi informasi itu.

Arif menuturkan, saat memegang gadget Rendra paling suka menonton video permainan anak-anak yang edukatif. Semisal, mainan pembelajaran tentang warna dan huruf.‎
"Kalau tidur harus nonton dulu (permainan di gadged-Red), kalau tidak begitu tidak mau tidur, kadang sampai larut," ucapnya.

Dia mengakui, mulanya Rendra diberikan gadget sebagai mainan agar tidak rewel saat ditinggal kedua orangtuanya bekerja. Saat ditinggal bekerja, Rendra diasuh kakek-neneknya.
"Sebelum keterusan, sekarang sedikit-sedikit sudah mulai dibatasi. Meski sebenarnya yang ditonton termasuk video edukatif‎, tapi takutnya nanti sama sekali tidak mau lepas dari main gadget," ujarnya.

Terpisah, seorang anak, Aqila Diwanti (8), sehari-hari juga akrab ‎dengan gadget. Bahkan, ia juga sudah mempunyai akun media sosial sendiri, meski masih dalam kontrol orangtua.‎‎

Lantaran menyadari anaknya tak bisa dilepaskan dari gawai, sang ibu Dini Anggraheni, berusaha mengarahkan putri sulungnya itu untuk hal-hal yang lebih positif dan produktif.

"Anak zaman sekarang tidak bisa dilepaskan dari gadget. Kami orangtua mau melarangnya pun susah. Ya mau gimana lagi, lingkungannya seperti itu, apalagi anak-anak sering melihat orangtua mereka menggunakan gadget," paparnya.

Kursus

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved