Ramadan 2018

Nona Perbanyak Buah dan Sayur Biar Wajah Cerah meski Berpuasa

Bagi Nona, ketika sahur ia tak pernah mengonsumsi nasi maupun mi. Ia lebih suka makan roti yang banyak akan serat dan karbohidrat.

Nona Perbanyak Buah dan Sayur Biar Wajah Cerah meski Berpuasa
getty images
buah dan sayur 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai Sales Executive di Hotel Ha-Ka Semarang, Nona Indrayana, tentunya kerap terpapar langsung hawa panas saat berada di luar ruangan. Belum lagi polusi udara dan sinar ultraviolet matahari, yang bisa membuat kulitnya kering dan dehidrasi.

Walau begitu, hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi Nona, untuk tetap melakukan ibadah puasa.

"Pastinya jadi tantangan buat aku, karena harus sales call dan di sisi lain aku juga sedang puasa. Dehidrasi itu sudah tentu, tapi tidak jadi alasan untuk bermalas-malasan. Saat puasa juga tidak ada aktivitas yang aku kurangin. Semua berjalan normal seperti biasa," ucap Nona.

Untuk mengantisipasi keringnya kulit akibat dehidrasi, Nona juga sudah menggunakan beberapa kosmetik yang ia percaya mampu melembabkan kulit. Di antaranya tender care dan foundation sebelum menggunakan bedak dan kosmetik lainnya.

Saat terpapar dengan udara luar yang panas, Nona juga tak langsung mencuci mukanya. Ia paling tidak menunggu beberapa menit, supaya kondisi kulit wajah menyesuaikan suhu ruang.

"Biasanya setelah aku keluar, enggak pernah langsung cuci muka. Harus nunggu beberapa menit dahulu, supaya kulit tidak kaget," terangnya.

Untuk menjaga kulit tetap lembab saat puasa, bukan hanya perawatan dari luar saja yang Nona lakukan, tetapi dari dalam juga. Caranya, dengan mengkonsumsi makanan tepat saat sahur dan berbuka.

Bagi Nona, ketika sahur ia tak pernah mengonsumsi nasi maupun mi. Ia lebih suka makan roti yang banyak akan serat dan karbohidrat. Selain itu, ia juga memperbanyak minum air putih dan makan buah maupun sayur.

"Kalau sahur aku enggak suka makan nasi atau mi. Paling suka roti gandum dan menghindari makanan berlemak. Lalu perbanyak makan sayur, buah, serta minum air putih. Itu penting, karena untuk menggantikan cairan tubuh yang akan berkurang saat puasa, dan mencegah kulit kering karena dehidrasi," jelasnya.

Sedangkan untuk menu berbuka, Nona tidak langsung menyantap nasi, ketika azan maghrib berkumandang. Ia akan lebih memilih untuk mengonsumsi teh hangat, puding, maupun kurma. Karena menurutnya, jika langsung makanan nasi, akan membuat pencernaannya kaget dan tidak baik untuk kondisi lambung. Ia baru akan makan nasi, setelah melakukan salat tarawih.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved