Ramadan 2018

Sandiaga Uno Lanjutkan Rencana Pemprov DKI Gelar Salat Tarawih di Monas

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar shalat tarawih berjemaah di Monas

Editor: iswidodo
TRIBUNNEWS.COM
SANDIAGA UNO Wakil Gubernur DKI terpilih 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar shalat tarawih berjemaah di Monas, Jakarta Pusat, sudah dikonsultasikan kepada para ulama.

Dia menyebut pelaksanaan tarawih itu juga merupakan keinginan warga.

Sandiaga menyampaikan hal tersebut untuk menanggapi pernyataan Majelis Ulama Indonesia yang menyarankan tarawih berjemaah sebaiknya digelar di masjid.

"Salah satu yang diharapkan untuk mempersatukan semuanya, juga lambang kota Jakarta, (itu) di Monas. Itu adalah tentunya keinginan dari warga yang sudah dikonsultasi dengan para ulama," ujar Sandiaga di Sunter, Jakarta Utara, Minggu (20/5/2018).

MUI Bilang Lebih Afdal di Masjid Sebelum rencana pelaksanaan tarawih berjemaah, Sandiaga menyebut sudah banyak kegiatan keagamaan yang digelar di Monas, seperti maulid Nabi Muhammad SAW, istigasah, dan lainnya.

Selain itu, alasan lain memilih Monas sebagai tempat tarawih berjemaah pada 26 Mei mendatang karena kekhawatiran banyaknya warga yang ingin mengikuti kegiatan yang digelar Pemprov DKI itu.

Meskipun begitu, Sandiaga tetap menghargai saran MUI.

"Itu masukan yang baik ya. Jadi, tentunya kami juga menentukannya enggak semena-mena, kami minta pandangan daripada para ulama dan salah satu concern-nya kemarin itu adalah bagaimana kalau kita membeludak keinginannya, ada masjid yang ditentukan, seperti Masjid Istiqlal, tidak mencukupi," ucap Sandiaga.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Amirsyah Tambunan sebelumnya menilai, sebaiknya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar shalat tarawih berjemaah di masjid.

Amirsyah mengatakan, utamanya shalat malam seperti shalat tarawih pada bulan Ramadhan dilakukan di tempat yang sudah disediakan untuk beribadah.

Menurut dia, Pemprov DKI bisa sekaligus bersilaturahim ke masjid-masjid jika menggelar tarawih berjemaah di sana.

"Menurut saya sih lebih afdal di masjid. Memang tidak salah tetapi lebih afdal di masjid," ujar Amirsyah ketika dihubungi, Sabtu (19/5/2018). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Sebut Sudah Konsultasi ke Ulama soal Rencana Tarawih di Monas", 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved