Liputan Khusus

KESAKSIAN Penyedia Jasa Gestun, Bisa Janjian di Luar untuk Ambil Cash Money

KESAKSIAN Penyedia Jasa Gestun, Bisa Janjian di Luar untuk Ambil Cash Money, ke mana-mana bawa mesin gesek EDC

KESAKSIAN Penyedia Jasa Gestun, Bisa Janjian di Luar untuk Ambil Cash Money
google
ILUSTRASI 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jasa gesek tunai (gestun) kartu kredit di beberapa kota besar, merupakan praktik yang lazim ditemui dan tak asing lagi. Pun demikian di Kota Lumpia, Semarang. Tak sulit menemukan layanan gestun itu.

‎Setelah melakukan penelusuran, Tribun Jateng mendapat beberapa nomor kontak pihak yang menyediakan jasa gestun. Setelah menelepon nomor tersebut Tribun Jateng diarahkan untuk mendatangi sebuah rumah toko (ruko) di kawasan Tembalang, untuk melakukan transaksi gestun.

‎"Nanti sore saja ya, saya masih berada di luar ini. Mau ambil berapa, nanti saya siapkan," kata penyedia layanan gestun, sebut saja Robert.

‎Mendekati waktu yang disepakati, Tribun Jateng pun meluncur ke tempat yang diarahkan. Siapa nyana, tempat penyedia jasa gestun ini hanya merupakan sebuah laundri. "Tunggu ya, bentar lagi saya sampai," ucapnya di ujung saluran smartphone.

‎Benar saja, tak berapa lama kemudian, ia datang mengendarai sedan hatchback warna hitam. Segera saja ia mengeluarkan mesin EDC dari dalam tas hitam miliknya. EDC itu, hampir selalu ia bawa ke mana pun pergi.

Robert berujar, untuk jasa gestun ia mematok biaya administrasi sebesar 2,5-3 persen, tergantung dari kartu kredit yang dipakai pengguna jasa.

"Kalau BRI dan BNI saya berani kasih bea 2,5 persen. Di luar itu tiga persen ya, mentok di 2,75 persen," paparnya.

Robert mengaku, sudah menjalani bisnis penyedia layanan jasa gestun dalam beberapa waktu terakhir. Ia mendapat keuntungan dari biaya administrasi yang dibebankan kepada pengguna kartu kredit.

"Tarik tunai melalui ATM kan biaya administrasinya lebih gede, bunganya juga beda," ucapnya.

Dengan kondisi itu, ia meyakini bisnis gestun itu masih akan bertahan dan tetap diburu pengguna kartu kredit yang membutuhkan suntikan dana tunai.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved