Marzuqi Minta Masyarakat Teliti Dalam Memilih Makanan

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meminta masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam memilih makanan.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, JEPARABupati Jepara Ahmad Marzuqi meminta masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam memilih makanan.

Apalagi, saat bulan Ramadan hampir selalu kebutuhan pokok masyarakat mengalami peningkatan.

“Masyarakat harus tetap jeli dan jangan mudah terbuai dengan harga murah,” kata Marzuqi, Selasa (22/5/2018).

Lebih lanjut Marzuqi mengimbau agar masyarakat selaku berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Jangan sampai hanya memandang dari sisi harga murah, tapi harus dipandang dari sisi-sisi lain.

Selain itu, Marzuqi ini juga mengajak warganya lebih selektif. Terlebih banyaknya warna-warni pada pada makanan serta makanan kemasan yang siap saji.

Untuk makanan atau minuman kemasan atau siap saji, ia sampaikan hal yang perlu diperhatikan adalah melihat label tanggal kadaluarsanya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara sendiri mengaku terus melakukan pengawasan untuk meminimalisir adanya peredaran mamin tidak layak.

Kepala Dinkes Jepara Dwi Susilowati menuturkan, bahwa saat ini Dinkes telah melakukan kegiatan uji petik pengambilan sampel mamin atau takjil yang dijual oleh masyarakat.

“Kami kirim ke Laborat Kesehatan Jepara untuk diperiksa kandungan bakteri e-colly dan bahan pengawet seperti boraks, formalin dan pewarna berbahaya,” tutur Susi.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama ini pihaknya telah bekerjasama dengan sanitarian yang ada di Puskesmas untuk memantau masa kadaluarsa mamin di pasaran, baik pasar rakyat, toko-toko, maupun minimarket.(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved