Pembukaan Salat Tarawih Bupati Blora Dimulai di Pendopo Rumah Dinas

Mengisi kegiatan bulan Ramadan 1439 H, Pemerintah Kabupaten tahun ini kembali melaksanakan Tarawih Keliling Bupati Blora yang diawali dengan pembukaan

istimewa

TRIBUNJATENG.COM,  BLORA -  Mengisi kegiatan bulan Ramadan 1439 H, Pemerintah Kabupaten tahun ini kembali melaksanakan Tarawih Keliling Bupati Blora yang diawali dengan pembukaan pada Senin petang (21/5/2018).

Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, pembukaan tarawih keliling diikuti langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si dan jajaran Forkopimda, sekalian istri/suami.

Sedangkan pesertanya adalah seluruh jajaran Kepala OPD, Camat, seluruh ormas Islam, tokoh agama, serta masyarakat umum yang keseluruhan berjumlah 500 orang.

Kegiatan diawali dengan buka bersama, dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah, tarawih berjamaah. Kemudian pembagian bantuan sosial dan pengajian.

Acara berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan dan kebersamaan. Bertindak sebagai imam sholat KH Muhtadi Noor, sedangkan maulidoh hasanah diisi oleh penceramah KH Abdul Halim.

Kabag Kesra Setda Kab upaten Blora,  Supriyono selaku panitia penyelenggara menerangkan bahwa kegiatan tarawih keliling Bupati Blora ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadan, sekaligus menjalin silahturahmi antara pemerintah, tokoh agama dan masyarakat sehingga tercipta kondisi Blora yang aman, nyaman dan kondusif.

“Tahun ini tarawih keliling Bupati Blora akan dilaksanakan di empat lokasi, masing-masing per eks kawedanan. Setelah pembukaan malam ini (semalam-red), jadwal selanjutnya Selasa, 22 Mei 2018 di Desa Balong Kecamatan Jepon. Kemudian Kamis 24 Mei 2018 di Desa Gabusan, Kecamatan Jati. Rabu 30 Mei 2018 di Desa Jiken, Kecamatan Jiken dan terakhir Senin 4 Juni 2018 di Desa Kalinanas Kecamatan Japah. Penutupan akan dilaksanakan Rabu 6 Juni 2018 di Pendopo Rumah Dinas Bupati kembali,” terang  Supriyono.

 Menurutnya di setiap tarawih keliling sesuai jadwal tersebut, akan dilaksanakan penyerahan bantuan untuk masjid yang ditempati berupa sarana dan prasarana ibadah dari Baznas Kabupaten Blora. Selain itu ada santunan untuk anak yatim dari Baznas dan bantuan beras untuk kaum jompo dan duafa dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Bantuan dan santunan akan diberikan kepada 40 orang di masing-masing lokasi tarawih keliling. Khusus untuk bantuan beras 20 kg dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan diterimakan kepada penerima non rastra. Jadi yang sudah dapat rastra tidak diperkenankan menerima bantuan beras saat tarawih keliling,” tambahnya.

Saat pembukaan tarawih keliling juga dilaksanakan penyerahan santunan kepada anak yatim dan beras kepada duafa secara simbolis oleh Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya, merasa senang dan bangga karena pembukaan tarawih keliling kali ini diikuti oleh seluruh ormas Islam yang ada di Blora. Semua tampak bersatu dan penuh kekeluargaan.

Sementara itu, pencerahan KH Abdul Halim dalam maulidoh hasanahnya menjelaskan pentingnya meningkatkan ibadah di bulan ramadan dan menjelaskan makna jihad yang sebenarnya. Agar tidak sampai terjadi peristiwa berdarah seperti yang ada di Surabaya akibat salah mengartikan makna jihad. (Rsa-Tim Berita Humas dan Protokol Setda Kab.Blora)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved