Airport Corner

Enam Maskapai Ajukan Extra Flight untuk Mudik Lebaran

Sedikitnya ada enam maskapai penerbangan mengajukan izin penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Ahmad Yani Semarang

Enam Maskapai Ajukan Extra Flight untuk Mudik Lebaran
tribunjateng/dok
Sedikitnya ada enam maskapai penerbangan mengajukan izin penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Ahmad Yani Semarang menyambut libur Lebaran 2018. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sedikitnya ada enam maskapai penerbangan mengajukan izin penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Ahmad Yani Semarang menyambut libur Lebaran 2018.

Hal itu berdasar data per tanggal 20 Mei 2018, telah tercatat enam maskapai yang menambahkan jumlah penerbangannha yaitu Sriwijaya Air, Wings Air, Batik Air, Garuda Indonesia, Trigana dan Lion Air.

Demikian disampaikan Communication And Legal Section Head Angkasa Pura I, Dian Permata Sari, Selasa (22/5). "Rata-rata extra flight yang diajukan untuk tanggal 1 hingga 30 Juni 2018, namun ada pula beberapa maskapai yang mengajukan untuk tanggal tertentu," ungkap Dian Permata Sari.

Penerbangan tambahan untuk maskapai Sriwijaya dan Batik tercatat untuk rute Jakarta (cgk) - Semarang - Jakarta (cgk), mulai 1 hingga 30 Juni 2018.

Sedangkan Garuda Indonesia dengan rute yang sama, terdaftar memiliki extra flight pada 11 - 24 Juni, serta 22 - 24 Juni 2018.
Adapun tambahan penerbangan untuk rute Surabaya - Semarang - Surabaya oleh maskapai Wings Air mulai 1 hingga 30 Juni 2018.

Sedangkan extraflight yang dimiliki Lion Air dengan rute Balikpapan - Semarang - Balikpapan selama bulan Juni besok. Sementara Trigana Air tersaftar menambahkan penerbangannya pada tanggal 9 hingga 14 Juni untuk rute Pangkalanbun - Semarang.

Adanya extra flight tersebut tentu telah diperhitungkan oleh Angkasa Pura I, dengan ketersediaanparking stand, serta kepadatan terminal Bandara. "Tugas Angkasa Pura sendiri melaporkan ketersediaan serta kapasitas Bandara, kemudian izin extra flight diajukan langsung oleh maskapai kepada kementrian perhubungan," tambahnya.

Berdasarkan data extra flight yang telah diperinci, pada bulan Juni 2018 besok, Bandara Ahmad Yani Semarang diprediksikan memiliki tambahan penumpang sejumlah 45.910.

"Memang kami sudah antisipasi, selalu setiap musim mudik akan ada lonjakan jumlah pengguna Bandara, tentu keamanan telah kami persiapkan lebih ektra dengan adanya posko-posko yang bekerja sama dengan aparat, sedangkan selama Ramadan ini, kami menyediakan takjil bagi masyarakat, khususnya di Bandara," tuturnya. (tribunjateng/cetak/jje)

Penulis: Yasmine Aulia
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved