FOCUS

Mendesak Pengaktifan Jembatan Timbang

Peristiwa di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes sore itu, menimbulkan 12 orang meninggal dunia, dua luka berat, tujuh luka

Mendesak Pengaktifan Jembatan Timbang
tribunjateng/bram kusuma
Tajuk ditulis oleh Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda 

Tajuk ditulis oleh wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Minggu (20/5) sore, saat masyarakat sedang asyik bersama kerabat untuk ngabuburit menunggu azan maghrib dan berbuka puasa, tetiba truk besar bermuatan gula melaju tanpa kendali dan melibas apapun di hadapannya.

Peristiwa di Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes sore itu, menimbulkan 12 orang meninggal dunia, dua orang luka berat, tujuh orang luka ringan.

Dan ternyata, di tanggal yang sama pada Maret 2018, peristiwa serupa juga terjadi tidak jauh dari lokasi kali ini, yakni hanya berjarak sekitar 400 meter, di Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Brebes.

Saat itu, enam orang meninggal dunia dan tujuh orang mengalami luka- luka saat truk pengangkut kedelai menyeruduk mobil pikap dan lima sepeda motor.

Jalan nasional jalur Tegal-Purwokerto itu kini merupakan favorit sopir truk dari Jakarta atau Semarang menuju daerah di selatan, semisal Purwokerto, Cilacap, dan sebagainya. Jalur tengah Jateng itu menjadi penghubung jalur pantura dan jalur selatan.

Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) oleh Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng di Bumiayu, ditemukan fakta bahwa rem truk tidak blong.

Penyebab kecelakaan karena jalan turunan panjang namun landai sepanjang dua kilometer, membuat kecepatan truk terus bertambah. Truk yang muatannya melebihi tonase, tentu akan sulit dikendalikan.

“Sopir diduga juga telah menggunakan rem tangan tapi tidak berhasil," jelas DirlantasPolda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin.

Fakta lain, ternyata truk itu melebihi tonase. Yang diizinkan, adalah 20 ton sementara truk ini membawa beban seberat 38 ton, ada kelebihan beban 18 ton.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved