Breaking News:

Tjahjono Sedih Gedung Bersejarah Pabrik Rokok BAT di Pengapon Dihancurkan

Pembongkaran gedung eks pabrik rokok British American Tobacco (BAT) di Jalan Pengapon No 47, Kota Semarang, hampir rampung.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA
CAGAR BUDAYA - Seorang operator mengoperasikan alat berat yang merobohkan bangunan eks Pabrik Rokok British American Tobacco (BAT), Selasa (22/5). Bangunan yang ada di Jalan Penggapon Nomor 47, Kota Semarang, itu termasuk cagar budaya yang pembongkaran maupun renovasi yang dilakukan harus mengacu pada undang-undang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pembongkaran gedung eks pabrik rokok British American Tobacco (BAT) di Jalan Pengapon No 47, Kota Semarang, hampir rampung. Padahal, pembongkaran gedung yang diyakini merupakan bangunan cagar budaya itu dilakukan tanpa izin dari Pemkot Semarang.

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Semarang, Tjahjono Rahardjo, menyesalkan pembongkaran yang hingga kini masih terus dilanjutkan. Menurutnya, bangunan tersebut harus diperlakukan sebagai cagar budaya sekalipun masih belum terdaftar di Pemkot Semarang.

"Kami menyesalkan adanya pembongkaran tersebut. Padahal, itu adalah bangunan bersejarah," kata Thahjono, Selasa (22/5).

Ia menjelaskan, dalam Pasal 31 ayat (5) Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, disebutkan, selama proses pengkajian, benda, bangunan, struktur atau lokasi hasil penemuan atau yang didaftarkan, dilindungi dan diperlakukan sebagai cagar budaya.

Apalagi, TACB sudah merekomendasikan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menetapkan bangunan itu sebagai cagar budaya. Hanya saja, rekomendasi tersebut tidak ditindaklanjuti oleh Pemkot Semarang.

"Seharusnya, paling lambat 30 hari setelah menerima rekomendasi itu, Wali Kota Semarang harus menetapkannya sebagai cagar budaya. Tapi kenyataannya, tidak ada tindak lanjut sampai sekarang," ungkapnya.

Bagian Perlindungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Semarang, Junawan menyampaikan, bangunan eks pabrik BAT belum masuk inventarisasi BPCB. Meskipun demikian, ia menerangkan, bisa jadi bangunan eks pabrik rokok BAT merupakan bangunan cagar budaya.

"Sehingga, perizinannya ada di Pemerintah Kota. Prosedur pembongkaran seharusnya melalui ijin dari pemerintah kota," ujarnya.

Surat Peringatan 1

Sekretaris Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang, Irwansyah, mengatakan, pihaknya telah memberikan Surat Peringatan kepada pemilik bangunan. Isinya, meminta pembongkaran gedung eks pabrik rokok BAT di Jalan Pengapon Nomor 47 Semarang itu dihentikan. Dikatakannya, pembongkaran gedung cagar budaya tersebut dilakukan tanpa seizin Pemkot Semarang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved