Liputan Khusus

Zahra Pilih Tarik Tunai daripada Gestun

Namun, tidak semua pemegang kartu kredit memanfaatkan gestun untuk mendapatkan uang segar. Bank Indonesia juga menyebut layanan gestun

Zahra Pilih Tarik Tunai daripada Gestun
tribunjateng/dok
ATM 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kartu kredit perbankan sejauh ini seperti diketahui menawarkan layanan untuk pembelian barang secara kredit dan tarik tunai melalui mesin ATM.

Dalam perkembangannya, layanan untuk pembelian barang secara kredit itu kemudian banyak diakali dengan munculnya istilah gesek tunai (gestun), di mana pemegang kartu kredit bisa mendapat dana segar berbunga tanpa harus berbelanja, atau terjadi aksi belanja fiktif.

Namun, tidak semua pemegang kartu kredit memanfaatkan gestun untuk mendapatkan uang segar. Bank Indonesia juga menyebut layanan gestun melanggar Peraturan Bank Indonesia.

Zahra misalnya. Menjelang Ramadan lalu, ia sempat kelimpungan. Harga berbagai harga kebutuhan pokok merangkak naik, sementara uang di dompetnya semakin menipis. Pun demikian saldo di rekening miliknya.

"Kebutuhan banyak, sementara menunggu gaji masih lama," ucap warga Demak itu, kepada Tribun Jateng, akhir pekan lalu.

Ia pun memutuskan melakukan tarik tunai dari kartu kredit? yang dimiliki di mesin ATM terdekat. Menurut dia, hal itu merupakan pengalaman tarik tunai pertamanya.

"Mau gimana lagi, itu yang paling mudah dan memungkinkan," kata ibu dua anak tersebut.
?Zahra melakukan tarik tunai dengan nominal uang tak lebih dari Rp 2 juta. Jumlah itu masih jauh dari limit tarik tunai yang telah ditentukan bank pada kartu kreditnya.

"Ada biaya administrasi yang dibebankan, sekitar 6 persen. Tapi belum tahu juga, saya belum menerima tagihannya," tutur dia.

Zahra menyatakan, di saat-saat mendesak seperti itu, fasilitas tarik tunai dirasa cukup membantu. Sebab, ia dapat segera memperoleh dana segar secara cepat dan prosesnya yang mudah.
"Ya meski harus tetap bayar biaya administrasi dan bunga tentunya. Karena itu, saya tidak menarik banyak-banyak, biar tidak pusing bayarnya nanti," ujarnya.

Tak familiar

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved