Pilgub Jateng

Ganjar Menilik Proyek Penanggulangan Rob Pekalongan

"Sampeyan mandor sini, pak? Tolong saya dijelaskan rincian pembangunan dalam paket III nanti seperti apa," tanya Ganjar ke salah satu pekerja

Ganjar Menilik Proyek Penanggulangan Rob Pekalongan
Tribunjateng.com/Daniel Ari Purnomo
Ganjar Pranowo menilik proyek paket III pembangunan tanggul laut di Kampung Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jumat (25/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Daniel Ari Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Ganjar Pranowo menilik proyek paket III pembangunan tanggul laut di Kampung Panjang Baru, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jumat (25/5/2018).

Proyek itu tampak sepi. Sejumlah alat berat pun tak beroperasi. Yang terlihat segelintir orang mengenakan helm dan rompi hijau berteduh dalam bangunan bambu reyot.

"Sampeyan mandor sini, pak? Tolong saya dijelaskan rincian pembangunan dalam paket III nanti seperti apa," tanya Ganjar ke salah satu pekerja.

Pekerja itu membeberkan pengerjaan tanggul nantinya sepanjang 2,317 kilometer berkontruksi beton. Ketinggian tanggul sekitar 3 meter di atas permukaan laut.

"Kami sempat tak beroperasi dua hari ini, Pak Ganjar. Karena rob kemarin itu parah. Kami tak bisa berbuat banyak saat melanjutkan kerja," ungkap dia.

Ganjar berharap pembangunan tanggul segera tuntas sesuai target. Dia pula mengimbau warga tak membuang sampah sembarangan.

"Sistem drainase kita kelola, pelihara, termasuk yang ada di Kota Pekalongan ini. Sistem-sistem sungainya ya bersih, limbah-limbah jangan dibuang di sungai. Harus sistematis," katanya.

Menurut dia, penanggulangan rob butuh kerja sama dari beberapa kepala daerah. Ganjar mengatakan rob adalah sebuah bencana. Kondisi itu tak hanya terjadi di Pekalongan, pun Demak, Brebes, Semarang, dan Tegal.

"Kita tidak bisa egois. Karena namanya air itu tidak punya KK (kartu keluarga) tidak punya alamat. Kalau mau ngalir ya ngalir aja,"ujar Ganjar.

Halaman
12
Penulis: Daniel Ari Purnomo
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved