Lapas Kena Banjir Rob, 335 Warga Binaan Dipindahkan Sementara ke Nusakambangan

Ratusan warga binaan di Lapas Kelas II A Kota Pekalongan berhasil dievakuasi dan akan dibawa menuju Lapas Nusakambangan

Lapas Kena Banjir Rob, 335 Warga Binaan Dipindahkan Sementara ke Nusakambangan
Tribunjateng.com/Budi Susanto
Proses evakuasi warga binaan Lapas Kelas II A Pekalongan dikawal petugas bersenjata lengkap, Kamis (24/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Ratusan warga binaan di Lapas Kelas II A Kota Pekalongan berhasil dievakuasi dan akan dibawa menuju Lapas Nusakambangan Cilacap, Kamis (24/5/2018).

Adapun proses evakuasi memakan waktu hampir 6 jam agar bisa diangkut ke dalam bus.

Dikatakam Plt Kalapas Kelas II A Kota Pekalongan, Bawono Ika Sutomo, ratusan narapidana tersebut dibawa menggunakan 8 bus dengan kawalan ketat petugas bersenjata lengkap.

"Rencananya semua akan dipindahkan karena tidak memungkinkan lapas menampung warga binaan dengan kondisi terendam air, namun malam ini kami dibantu perugas kepolisian berhasil mengevakuasi 335 warga binaan yang akan menuju ke Lapas Nusakambangan," terangnya saat dimintai konfirmasi oleh Tribunjateng.com di Lapas Kelas II A Kota Pekalongan.

Pihaknya menambahkan dari 335 warga binaan ada empat barapidana dibawa ke Rutan Kelas II B Salatiga.

"Sisanya juga akan kami pindahkan hingga kondisi lapas tidak tergenang air lagi, tapi kami menunggu koordinasi dengan lapas ataupun rutan yang ada di Jateng. Nantinya para warga binaan akan dijemput oleh pihak lapas atau rutan yang mau menampung," jelasnya.

Bawono menerangkan ada 769 warga binaan di lapas, dan sudah dipindahkan 61 orang ke Rutan Rawabelong Batang ditambah 335 ke Nusakambangan.

"Sisinya ada 373 warga binaan dan menunggu pihak dijemput, selain itu terdapat dua narapidana terduga teroris yang masih di dalam lapas. untuk itu kami masih melakukan koordinasi terkiat pemindahan sementara para warga binaan dengan lapas ataupun rutan yang ada di Jateng," paparnya.

Data yang dihimpun Tribunjateng.com, bus pertama mengagkut 46 warga binaan, bus ke dua 40 orang, bus ke tiga 41, bus ke empat 42 narapidana, bus ke lima 40 oarang, bus ke enam diisi 41 orang, bus ke tujuh 41 orang dan bus ke delapan 40 warga binaan dengan total 331 orang yang diberangkatkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Pemindahan telah dikawal dua personil dari Brimob, dua anggota Polres Pekalongan Kota dan dua pihak lapas di dalam bus. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved