Breaking News:

Kabar Pahlawan Devisa

Malaysia Pulangkan 118 TKI Diduga Masalah Dokumen Ketenagakerjaan

Pemerintah Malaysia kembali memulangkan 118 pekerja asal Indonesia melalui perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat

Editor: iswidodo
youtube
FOTO Dokumen tahun 2016. Sejumlah TKI Bermasalah dideportasi pemerintah Malaysia dari Pos Lintas Batas Negara Entikong, Pontianak. 

TRIBUNJATENG.COM, PONTIANAK - Pemerintah Malaysia kembali memulangkan 118 pekerja asal Indonesia melalui perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Minggu (27/5).

Para TKI itu dipulangkan karena bermasalah dengan dokumen ketenagakerjaan yang tidak lengkap (nonprosedural).

Dari jumlah tersebut, 112 orang dideportasi, sedangkan enam lainnya merupakan repatriasi.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Pontianak, Andi Kusuma Irfandi mengatakan, para TKI yang dideportasi dan direpatriasi tersebut mayoritas bekerja sebagai buruh, baik itu buruh bangunan, perkebunan, maupun buruh pabrik.

"Sejauh ini belum menemukan dugaan TKI mengalami kekerasan selama menjalani proses hukum di Malaysia," ujar Andi, saat mendata kedatangan para TKI di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Minggu malam.

Untuk sementara, para TKI ini ditampung di shelter Dinsos Provinsi Kalbar.

Rencananya, para TKI akan dipulangkan sesuai dengan daerah asal masing-masing, di antaranya dari Sulawesi Selatan, Kalbar dan sejumlah provinsi lainnya.

Andi mengungkapkan, sejak Januari 2018 hingga saat ini, jumlah TKI yang di deportasi dan repatriasi dari Malaysia sebanyak 980 orang. "Mayoritas TKI yang di deportasi ini berasal dari luar Kalbar," ungkapnya. (tribunjateng/cetak/kps)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved