Waisak 2018

Menanti Detik-detik Waisak, Ribuan Umat Buddha Berkumpul di Candi Sewu Prambanan

Ribuan umat Buddha dari 25 provinsi di Indonesia mengikuti prosesi detik-detik menuju Waisak di Candi Sewu, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jateng

Menanti Detik-detik Waisak, Ribuan Umat Buddha Berkumpul di Candi Sewu Prambanan
IST
Prosesi penyerahan persembahan yang diarak dari candi Plaosan menuju Candi Sewu pada perayaan Waisak, Selasa (29/5/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, KLATEN - Ribuan umat Buddha dari 25 provinsi di Indonesia mengikuti prosesi detik-detik menuju Waisak di Candi Sewu, Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada Selasa (29/5/2018).

Hadir pula dalam prosesi tersebut, 70 Biku dan Bikuni dari Sangha Agung Indonesia, serta Dewan Pengarah BPIP Mahfud MD, Sultan Hamengkubuwono X, serta Dirjen Bimas Buddha Caliadi.

Berbagai persembahan, seperti Tirta Suci, Api, Rupang Buddha, Sarana Pujha, Lambang Garuda dan lain sebagainya menambah sakral perayaan Waisak tahun ini.

Menurut Bhikku Titthisampannu Thera selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam Waisak kali ini, di Indonesia sendiri Waisak tahun ini jatuh pada pukul 21.19.13 WIB yang dihitung dari penanggalan Qomariyah, sejak sang Buddha wafat 2562 tahun yang lalu.

"Mengenai prosesi pertama kita melakukan doa di Candi Plaosan. Dari Plaosan dilanjutkan dengan kirab menuju Candi Sewu. Detik-detik Waisak, biasanya jatuh di saat bulan purnama," terangnya.

Berkenaan dengan Tirto Suci diambil dari 7 mata air yang berasal dari Umbul Jumprit Temanggung, Umbul Jolo Tundo Klaten, Umbul Plikatan Gunung Kidul, dan dari berbagai daerah lainnya.

Mengenai api, ia mengungkapkan, diambil dari Api Mrapen dari Grobogan Jawa Tengah,

"Api abadi dan Tirto Suci, kita semayamkan dulu di Candi Plaosan. Nantinya kita arak menuju candi Sewu. Di candi Sewu kita lakukan prosesi mengelilingi candi sebanyak 3 kali, candi berada di sebelah kanan kita, sebagai tanda keberkahan," jelasnya.

Prosesi kirab, akan dilanjutkan dengan Dharmasanti Waisak dari pukul 18.00 sampai dengan puncak acara, yakni detik-detik Waisak yang akan berlangsung pada pukul 21.19.13 WIB yang ditandai dengan bunyi Genta dan keheningan mediasi.

Di dalam meditasi sendiri umat akan merenungkan 3 peristiwa penting yg berhubungan dengan Buddha.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved