Pemkab Pekalongan Dorong Percepatan Pembangunan Tanggul Raksasa

Pihaknya menerangkan untuk menangani permasalahan rob diperlukan tindakan cepat

Pemkab Pekalongan Dorong Percepatan Pembangunan Tanggul Raksasa
Tribunjateng.com/Budi Susanto
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat meninjau lokasi rob di Jeruksari Kecamatan Tirto, Selasa (29/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Guna mengatasi permaslahan rob yang melanda Kabupaten Pekalongan tepatnya di Kecamatan Tirto, Pemkab terus mendesak percepatan pembangunan tanggalul raksasa penahan rob yang kini progresnya masih di bawah 10 persen.

"Kami mendesak kepada pengembang agar pembangunan tanggul yang melintang sepanjang 8,3 kilometer dari Kota Pekalongan hingga kabupaten Pekalongan dapat dipercepat pengerjaannya," ujarnya, Selasa (29/5/2018).

Pihaknya menerangkan untuk menangani permasalahan rob diperlukan tindakan cepat.

"karena lebih cepat lebih baik, dalam jangka pendek kami meminta pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Provinsi Jateng untuk meninggikan tanggul yang ada di wilayah Kecamatan Tirto," paparnya.

Asip menambahkan selain rob, limpasan air sungai Bremi yang ada di Perbatasan antara Kabupaten dan Kota Pekalongan juga menjadi masalah yang harus ditangani secara cepat.

"Untuk mengatasi permasalahan banjir dan rob, Pemkab Pekalongan melakukan pembenahan tanggul di kawasan Jeruksari, pembenahan tanggul tersebut perlu dilakukan untuk mengurangi dampak rob," jelasnya.

Hingga kini Kecamatan Tirto dinyatakan tanggap darurat bencana hingga 5 Juni mendatang, dan pihak Pemkab menyarankan agar masyarakat tetap tenang.

"Selama masa tanggap darurat banjir rob ini berlangsung, kami sudah persiapakan penanganan logistik bagi para pengungsi yang saat ini masih mengungsi di beberapa tempat penampungan," timpalnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved