FOCUS

Megap-megap

Tahun 2018, sejarah yang persis terulang adalah Final Liga Camphions antara Liverpool vs Real Madrid

Megap-megap
tribunjateng/bram
Sujarwo atau Pak Jarwo wartawan Tribun Jateng 

Ditulis oleh Wartawan Tribun Jateng, Sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menjelang Final Liga Champions 2018 antara Liverpool vs Real Madrid pada 26 Mei lalu, ada netizen nulis status tentang sejarah berulang di sebuah media sosial. Mungkin sekadar untuk obrolan ringan, guyon, tapi ia benar juga.

Siapa bilang sejarah tidak berulang. Begitu kalimat akhir statusnya, yang diawali dengan tiga poin bukti sejarah berulang antara tahun 1981 dengan 2018.

Pada tahun 1981 ada pernikahan keluarga Kerajaan Inggris, Final Liga Champions, dan pelantikan Mahathir Mohammad sebagai Perdana Menteri (PM) Melaysia.

Tahun 2018, sejarah yang persis terulang adalah Final Liga Camphions antara Liverpool vs Real Madrid. Hanya bedanya final pada 1981 Liverpool menang 1-0.

Sebaliknya final tahun ini Liverpool kalah menyakitkan dari Madrid dengan skor 1-3. Final yang diwarnai cedera bahu Mohamed Salah, pemain andalanThe Reds, dan harus keluar di awal laga.

Pernikahan keluarga Kerajaan Inggris kebetulan juga terjadi lagi tahun ini, Pangeran Harry dan Meghan Markle pada 19 Mei lalu. Sekira 20 tahun sebelumnya, pada 29 Juli 1981, Pangeran Charles menikah dengan Lady Diana Spencer.

Yang boleh dibilang sama persis peristiwa 1981 dan 2018 terjadi di Malaysia, yakni pelatikan Mahathir Mohammad. Sejarah terulang ini rasanya semula sulit diduga, mengingat pria kelahiran 10 Juli 1925 itu kembali dilantik sebagai PMi Malaysia pada 10 Mei lalu, saat ia berusia 92 tahun.

Pada 1981, ia dilantik pertama kali sebagai PM Malaysia setelah pendahulunya, Hussein Onn, mengundurkan diri.

Akhirnya jadi teringat Ibnu Khaldun (1332-1406). Sejarawan muslim dari Tunisia dan sering disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi dan ekonom ini berkesimpulan bahwa “sejarah akan selalu berulang”.

Halaman
12
Penulis: sujarwo
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved