Liputan Khusus

Wisata Selfie Jangan Jadi Ajang Aji Mumpung

Tren wisata selfie merupakan hal positif yang patut disyukuri. Itu bagus sekali, hal yang positif

Wisata Selfie Jangan Jadi Ajang Aji Mumpung
tribunjateng/dok
LIPUTAN KHUSUS 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (Stiepari) Semarang, Reny Apriliani, turut menanggapi tren objek wisata selfie yang berkembang seiring dengan kian masifnya penggunaan sosial media (sosmed) di kalangan masyarakat.

Menurut dia, tren wisata selfie merupakan hal positif yang patut disyukuri. "Itu bagus sekali, hal yang positif," katanya, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Dia menyampaikan, tumbuhnya wisata spot selfie membuat masyarakat menjadi sadar bahwa dunia pariwisata itu bisa hidup dan menghidupi.

"Tren ini bisa menjadi satu sosialiasi sadar wisata bagi masyarakat bahwa dengan (menggarap sektor-Red) wisata kita bisa hidup," ucapnya.

Meski demikian, Reny mengingatkan para pengelola spot wisata selfie, kampung tematik, dan spot wisata baru lain agar jangan menjadikan keramaian kunjungan wisatawan sebagai ajang aji mumpung.

Misalnya, dengan mematok tarif parkir yang tinggi atau menjual makanan-minuman di atas harga yang wajar.

"Jangan aji mumpung. Misal tarif parkir tinggi dan lain-lain. Jika begitu, nanti wisatawan kapok mau datang lagi. Meski kelihatan sepele, tarif parkir yang melambung tinggi juga menjadi perhatian wisatawan," ujarnya.

Akibat wisatawan kapok, dia menambahkan, ajang aji mumpung hanya akan menjadikan keramaian kunjungan berumur pendek.

Lantaran hal itu, menurut dia, kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang mengelola spot wisata selfie, kampung tematik, atau objek wisata lain harus mempunyai rencana kerja dan program berkesinambungan.

"Dengan begitu, ada sesuatu yang dapat ditawarkan kepada wisatawan, tidak itu-itu saja. Kalau hanya itu saja yang ditawarkan dari hari ke hari pasti akan bosan," terangnya.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved