Mudik Lebaran

Budhi Sarwono Cek Kelaikan Lampu Jalan untuk Kenyamanan Pemudik

"Saya berharap selain akses jalan bagus, pengguna jalan terutama malam hari harus diberi keamanan dan kenyamanan lampu penerangan jalan,"

Budhi Sarwono Cek Kelaikan Lampu Jalan untuk Kenyamanan Pemudik
tribunjateng/khoirul muzaki/ist
CEK LAMPU - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengecek kelaikan lampu penerangan jalan di kecamatan Susukan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Selain memaksimalkan Infrasturktur jalan, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjarnegara mulai memeriksa lampu penerangan jalan, baik di jalan nasional maupun di jalan-jalan antar kecamatan diwilayah Kabupaten Banjarnegara.

Langkah itu bagian dari instruksi Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono untuk kesiapan arus mudik-balik lebaran 2018 mendatang.

Kelayakan lampu penerangan jalan ini tak lain untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pemudik yang memanfaatkan jalur lalu lintas di jalan nasional maupun jalan kabupaten di Banjarnegara.

"Saya berharap selain akses jalan yang bagus, pengguna jalan terutama malam hari juga harus diberi keamanan dan kenyamanan lampu penerangan jalan," kata Bupati Budhi Saat meninjau perbaikan lampu penerangan jalan di jalur jalan nasional di Kecamatan Susukan Jum'at (1/6).

Budhi mengungkapkan, selama ini banyak lampu penerangan jalan (LPJ) yang mati, seperti LPJ di jalan nasional.

Meski LPJ di jalan nasional menjadi kewenangan pusat, Pemkab melalui Dinas Perhubungan juga ikut melakukan perbaikan.

Saat ini, kata Budhi, jalur jalan nasional yang melewati Banjarnegara tidak hanya menjadi jalur alternatif. Melainkan sudah menjadi satu di antara jalur utama di jalur tengah, selain jalur Pantai Utara (pantura) dan jalur selatan.

Kepala Dinas Perhubungan Banjarnegara Tursiman menambahkan, menghadapi arus mudik ini, pihaknya akan rutin melakukan pengecekan sejumlah lampu penerangan jalan di wilayah Banjarnegara, terutama di wilayah yang memiliki tingkat kerawanan.

"Jika ada aduan , segera kami tindak lanjuti untuk dilakukan perbaikan, selain itu kami juga akan melakukan pengecekan LPJ ," katanya.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun 2018 ini, pihaknya juga akan memasang 9 titik Lampu Jalan Solar Cell di Desa Tunggoro Kecamatan Sigaluh, tepatnya di perbatasan Banjarnegara -Wonosobo.

"Ini untuk mendukung kelancaran lalu lintas jelang arus mudik di Jalur nasional, terutama pengguna lalu lintas di malam hari," jelasnya (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved