Malam Hari Gunung Merapi Meletus Dua kali

Kebetulan puncak gunung terlihat cerah dari sini malam ini, sehingga bisa diamati secara visual.

Malam Hari Gunung Merapi Meletus Dua kali
twitter
Gunung Merapi Erupsi 

TRIBUNJATENG.COM - Pada malam hari, Gunung Merapi meletus kembali sebanyak dua kali. Letusan kedua pada pukul 20.24, Jumat, material yang keluar membentuk kolom asap mencapai ketinggian sekitar 2.500 meter dari puncak.

Letusan berikutnya pada pukul 21.00. Pada letusan ketiga, kolom letusan tegak setinggi 1.000 meter. Petugas pengamat Gunung Merapi di Pos Babadan Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Triyono, mengatakan letusan kedua berlangsung selama sekitar 1,5 menit.

"Letusannya selama sekitar 1,5 menit, untuk kolom asap teramati dari pos kami," katanya. Hingga saat ini, status aktivitas Gunung Merapi berada di level II atau waspada. Rekomendasi berupa larangan aktivitas masyarakat di radius tiga kilometer dari puncak Merapi.

Petugas pengamat Gunung Merapi di Pos Jrakah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Yulianto, menyatakan letusan kedua Merapi pada Jumat ini juga teramati dari pos setempat.

"Kebetulan puncak gunung terlihat cerah dari sini malam ini, sehingga bisa diamati secara visual. Kalau hasil pengukuran kolom asap dari letusan kedua ini mencapai 2.500 meter dari puncak," katanya.

Ia menyebut arah angin saat terjadi letusan kedua ke timur laut. Masyarakat di kawasan Gunung Merapi hingga saat ini tetap diminta tenang namun meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi perkembangan aktivitas gunung tersebut.

Masyarakat di berbagai dusun dan desa di kawasan lereng Gunung Merapi hingga saat ini meningkatkan ronda malam di lingkungan masing-masing untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya peningkatan aktivitas gunung tersebut. (tribunjogja/tim)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved