Merapi Bikin Tanah Bergetar Hebat, Warga Sleman Pun Berhamburan Keluar Rumah

Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada pukul 08.20 WIB, durasi sekira dua menit. Erupsi terakhir terjadi pada 24 Mei 2018 lalu

Merapi Bikin Tanah Bergetar Hebat, Warga Sleman Pun Berhamburan Keluar Rumah
facebooker
Gunung Merapi di perbatasan Jateng-DIY meletus lagi, Jumat 1 Juni 2018 

TRIBUNJATENG.COM, SLEMAN - Suara gemuruh yang ditimbulkan dari erupsi Gunung Merapi, Jumat (1/6) pagi, mengagetkan warga yang tinggal di lereng gunung paling aktif di dunia itu.

Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada pukul 08.20 WIB, durasi sekira dua menit. Erupsi terakhir terjadi pada 24 Mei 2018, sekira pukul 10. 48.

Warga Wonokerto, Glagaharjo, Purwobinangun, Turgo, Sleman, berhamburan keluar rumah. Begitu pula warga Srumbung, Magelang, berlarian menyelamatkan diri ketika mendengar suara gemuruh.

Getaran yang dirasakan warga cukup lama. Kaca rumah ikuT bergetar. Kolom letusan yang disertai material membubung tinggi.

"Gemuruh, geruduk... geruduk begitu. Kaca (rumah) itu sampai bergetar keras. Langsung keluar rumah, Gunung Merapi meletus," ujar Munasir, warga Srumbung, Magelang.

Letusan freatik Merapi itu juga membuat waswas warga Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman. Parji Suwarno (63), warga Dusun Tunggularum, saat letusan terjadi tengah membersihkan kebun cabainya di tegalan Nglengkong.

Tiba-tiba ia mendengar suara menggelegar, disusul getaran tanah yang diinjaknya. Parji spontan menengok ke utara, melihat debu menyembur bergulung-gukung dari puncak Merapi.

Ia lalu cepat-cepat membereskan peralatan kebun, dan turun ke kampungnya. Sejumlah petani lain di sekitar juga melakukan tindakan serupa.

Jarak kebun cabai ke rumah Parji sekitar dua kilometer. Ia turun naik motor. Sudah tidak ada permukiman lagi di sekitar kebun tersebut.

Sesampainya di jalan dusun dekat rumahnya, sudah ramai warga berjejer di tepi jalan. Mereka semua memandang ke utara, menyaksikan kolom letusan Merapi yang bergulung-gulung.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved