Diskusi di Unwahas: Mahasiswa Harus Waspada Paham Radikal di Kampus

Kelompok tersebut tak hanya menyasar pelajar dan mahasiswa, namun juga profesi lain seperti akademisi, ibu rumahtangga, ASN

Diskusi di Unwahas: Mahasiswa Harus Waspada Paham Radikal di Kampus
Tribun Jateng/Hesty Imaniar
Diskusi di Unwahas 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rangkaian aksi teror yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia, memiliki potensi mengancam keutuhan dan kerukunan antarwarga bangsa Indonesia.

Hal ini menjadi pertimbangan Fakultas Hukum Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang untuk menyelenggarakan Diskusi dengan tema "Urgensi Revisi Undang-Undang Anti Terorisme Dalam Menangkal Radikalisme Di Indonesia" yang diselenggarakan di Aula Fakultas Hukum Unwahas, Minggu (3/6/2018).

Diskusi yang dihadiri Dekan Fakultas Hukum Unwahas, Mastur, Kanwil Kemenkumham Jateng, Tri Junianto tersebut, diikuti sekitar 200 orang, dari unsur dosen, mahasiswa, dan beberapa perwakilan dari LSM.

Dalam diskusi tersebut, Mastur menyampaikan bahwa mahasiswa perlu mewaspadai gerakan paham-paham radikal yang ada, agar jangan sampai terjerumus dalam lingkaran paham tersebut.

"Paham inilah yang menjadi benih terorisme. Dimana tidak ada sama sekali ajaran teror dalam Islam, sebaliknya Islam justru mengajarkan untuk menyebarkan perdamaian dan kasih sayang," katanya, Minggu (3/6/2018).

Ia juga melanjutkan, ada beberapa ciri utama ajaran Islam yang selalu diajarkan oleh Rasulullah SAW, yakni, tawassuth atau sikap tengah-tengah, tidak ekstrim kiri ataupun ekstrim kanan.  

"Tawazun atau keseimbangan dalam segala hal, termasuk dalam penggunaan dalil aqli atau dalil yang bersumber dari akal pikiran rasional, dan dalil naqli yang bersumber dari Alquran dan Hadits," bebernya.

Tidak hanya itu, al-iktidal atau tegak lurus, serta tasamuh atau toleransi yakni menghargai perbedaan serta menghormati orang yang memiliki prinsip hidup yang tidak sama, disebutnya juga diajarkan dalam Islam.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, bahwa prinsip-prinsip itu selalu ditanamkan kepada mahasiswa Fakultas Hukum Unwahas.

Halaman
12
Penulis: hesty imaniar
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved