Persatuan Mahasiswa Temanggung Kunjungi Mantan Pejuang di Kranggan

Ia lahir di Temanggung pada tahun 1925 dan sekarang berumur 93 tahun namun ia lebih sering mengakui berumur 94 tahun.

Penulis: ponco wiyono | Editor: iswidodo
tribunjateng/ponco wiyono/ist
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Permata (Persatuan Mahasiswa Temanggung) berkunjung ke rumah Letkol (Purn) Bambang Poernomo di Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada hari Minggu (3/6/2018). 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Permata (Persatuan Mahasiswa Temanggung) berkunjung ke rumah Letkol (Purn) Bambang Poernomo di Kelurahan Kranggan Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada hari Minggu (3/6/2018).

Kunjungan ini dalam rangka memperingati 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Letkol (Purn) Bambang Poernomo adalah adik kandung Mayjen Bambang Soegeng.

Ia lahir di Temanggung pada tahun 1925 dan sekarang berumur 93 tahun namun ia lebih sering mengakui berumur 94 tahun.

"Alasannya, beliau sangat menghormati ibundanya yang telah mengandung selama 9 bulan ditambah 3 bulan saat masa pembuahan sehingga beliau menjumlahkan umurnya menjadi 94 tahun. Sepanjang hidupnya, beliau mempertaruhkan nyawanya untuk Indonesia demi mengusir penjajah. Semangat nasionalisme yang dimiliki Pak Bambang Poernomo harus dilanjutkan oleh generasi muda zaman sekarang” kata Imam Susetyo, seorang mahasiswa jurusan Administrasi Negara yang menjabat ketua Permata sekaligus ketua rombongan pada kunjungan tersebut dalam rilisnya kepada tribunjateng.com.

Kondisi kesehatan Bambang menurun sejak dua tahun terakhir dan ia hanya bisa terbaring di tempat tidurnya.

Meski sudah tidak mampu berjalan, melihat, dan berbicara namun pendengarannya masih normal. Seperti kata Yah, perempuan yang setiap hari merawat Bambang.

"Sering kali tamu berkunjung ke rumahnya untuk menjenguk kondisi kesehatan beliau. Tiada satu pun tamu yang tidak diberi pesan agar menjaga kemerdekaan dan mengisinya dengan hal-hal baik demi persatuan dan kesatuan bangsa."

Imam menambahkan, Permata (Persatuan Mahasiswa Temanggung) beranggotakan para mahasiswa yang menjunjung tinggi sikap nasionalisme dan cinta tanah air.

"Melihat jasa-jasa Letkol Bambang Poernomo yang begitu besar untuk Indonesia dan untuk Kabupaten Temanggung khususnya, Permata berkesempatan menjadikan beliau sebagai inspirator dalam menjaga NKRI dan menegakkan Pancasila. Seperti kata proklamator Bung Karno bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved