Airport Corner

Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani Mulai Meningkat

Jelang Lebaran, peningkatan jumlah penumpang telah terasa di terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (8/6).

Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Internasional Ahmad Yani Mulai Meningkat
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Jelang Lebaran, peningkatan jumlah penumpang telah terasa di terminal bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (8/6). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Jelang Lebaran, peningkatan jumlah penumpang telah terasa di terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (8/6).

Pantauan Tribun Jateng, terlihat penumpang maupun penjemput telah memadati area terminal.
Selain itu, tampak antrean kendaraan juga telah memadati area parkir Bandara.

Communication and Legal Section Head, PT Angkasa Pura I, Dian Permatasari menuturkan, peningkatan jumlah penumpang pesawat udara telah terjadi sejak Kamis (7/6).

Kenaikan jumlah penumpang dibandingkan data jumlah penumpang di hari biasa. "Kalau hari biasa jumlah penumpang kami antara 12 ribu hingga 13 ribu penumpang tiap harinya," tuturnya.

Namun, kata dia, di saat arus mudik Lebaran total penumpang pada hari kamis (7/6) 14.913 orang dengan rincian penumpang berangkat 8582 orang, dan penumpang datang 6331 orang.

"Kemudian pada arus mudik Lebaran terdapat tambahan sepuluh penerbangan ekstra flight. Kalau untuk data hari ini hasilnya baru diketahui setelah jam beroperasional," kata Dian.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi prediksi akan terjadi kenaikan jumlah penumpang pada arus mudik lebaran di Bandara Ahmad Yani Semarang.

Faik sapaan akrabnya saat ini jumlah penumpang telah mencapai 4,4 juta penumpang per tahun. Jika dirata-rata jumlah penumpang mencapai 12 ribu tiap harinya.

" Jika di terminal lama 2200 penumpang. Nah, Bandara ini dapat menampung sekitar 20 ribu penumpang per hari," jelasnya, saat menghatarkan keberangkatan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari terminal baru bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (7/6).

Dikatakannya, saat peack seasion (hari sibuk) ketika Lebaran tahun 2017 jumlah penumpang tertinggi mencapai 16.700. Oleh karena arus mudik Lebaran tahun 2018 ini diprediksi akan mengalami kenaikan delapan persen atau sekitar 18 ribu penumpang.

"Jadi di terminal baru masih sangat memenuhi untuk event penumpang yang paling padat saat periode lebaran ini," tuturnya.

Dikatakannya, Bandara baru ini dapat menampung tujuh juta penumpang tiap tahunnya. Namun untuk memenuhi kapasitas tersebut sangatlah cepat.

" Hal ini dikarenakan pertumbuhannya sangatlah tinggi. Sebelumnya yang mempengaruhi pertumbuhan penumpang karena kapasitas bandara yang tidak memenuhi, " terangnya.

Kata dia, adanya Bandara baru ini dalam waktu dua tahun jumlah penumpang dapat mencapai enam juta hingga tujuh penumpang tiap tahunnya.

" Saat ini penyelesaian pembangunan terminal Bandara sudah mencapai 99 persen. Yang saat ini masih kurang adalah gedung pendukung," jelasnya. (*)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved