Siagakan 2.082 Personel, Telkom Jamin Layanan Komunikasi Lancar

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT. Telkom telah melakukan persiapan dengan membentuk Posko TelkomGroup Siaga Hari Raya Idul Fitri (RAFI)

Penulis: raka f pujangga | Editor: muslimah

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menyongsong Hari Raya Idulfitri 2018 ,  PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) melakukan pengawalan terkait  kesiapan alat produksi serta infrastruktur Network dalam rangka antisipasi  menghadapi lonjakan traffic telekomunikasi.

Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh layanan TelkomGroup (voice/ datin) dalam kondisi prima demi memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan  dalam aktifitasnya menyambut libur panjang hari Raya Idulfitri 2018.

Seperti  tahun-tahun sebelumnya, PT. Telkom  telah melakukan persiapan dengan membentuk  Posko TelkomGroup Siaga Hari Raya Idul Fitri (RAFI) ditingkat Nasional maupun Regional.  

Untuk layanan pelanggan di provinsi Jateng dan DIY , Regional-4 telah menyiapkan Posko TelkomGroup Siaga , meliputi  1 Posko Utama serta 7 Posko Wilayah yang beroperasi secara Non-Stop 247 (24 jam / 7 hari) di beberapa kota di Jateng dan DIY antara lain : Semarang, Solo, Yogyakarta, Magelang, Kudus, Pekalongan, dan Purwokerto. Kondisi Operasional maupun Layanan akan terpantau secara ter-integrasi melalui media Integrated Operation Control ( IOC ) serta dikawal oleh petugas selama 24 jam  secara real time.

Sehingga dengan cepat dan tepat dapat segera dilakukan penanggulangan (recovery) apabila terjadi gangguan. Personel teknisi lapangan  juga disiagakan secara penuh  di beberapa kota di masing-2 wilayah layanan.  

Disamping kesiapannya dari sisi  alat produksi dan infrastruktur  network , juga kesiapan layanan pelanggan di Plaza Telkom dan GraPari Telkomsel.

Executive Vice President Telkom Regional-4, Joko Raharjo mengatakan, dengan dukungan penuh 2.082  orang Personel Siaga 247, keberadaan Posko TelkomGroup Siaga RAFI 2018 diharapkan dapat menambah rasa nyaman berkomunikasi dan memberikan manfaat yang maksimal bagi pelanggan dan seluruh masyarakat Jawa-Tengah & DIY yang tengah bersuka cita berlibur bersama keluarga di Hari Raya Idulfitri, tanpa perlu khawatir mengalami atau merasakan ketidak nyamanan sedikitpun.

"Untuk memastikan masyarakat mendapatkan layanan Digital (Indihome) disamping Plaza Telkom di 25 lokasi kami juga menyiagakan 102 Mobil Indihome (MoBi) yg tersebar di beberapa lokasi Jateng & DIY Indihome shg  pelanggan merasa nyaman melakukan aktivitas bersama sanak keluarga di rumah. Dibeberapa titik strategis dimana pelanggan melakukan aktivitasnya diluar rumah seperti lokasi Bandara , Stasiun KA , Mall  atau Lokasi wisata , kami juga menyiagakan layanan Wifi Id corner (Wico)," ujar Joko Raharjo, dalam keterangan persnya, Sabtu (9/6/2018).

Disamping itu , Telkomsel sebagai anak perusahaan TelkomGroup  Seluler  telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. 

Secara khusus, Telkomsel membangun 12.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

GM ICT Operation Region Jateng & DIY Telkomsel, Hersetyo Pramono mengatakan, kualitas jaringan merupakan prioritas utama dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI. 

"Pada periode tersebut, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI. Kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima," ucapnya.

Pada RAFI tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data di Jateng dan DIY sebesar 57 persen dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 73 persen jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved