H+1 Lebaran, Disporapar Prediksi Ada 8 Juta Wisatawan Masuk ke Jateng

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jateng memprediksi ada 8 juta lebih wisatawan masuk ke wilayah Jawa Tengah saat libur Lebaran hari kedua.

H+1 Lebaran, Disporapar Prediksi Ada 8 Juta Wisatawan Masuk ke Jateng
KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, difoto tingkatan stupa ke dua, saat dipenuhi wisatawan di musim liburan sekolah, Sabtu (10/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah memprediksi ada 8 juta lebih wisatawan masuk ke wilayah Jawa Tengah saat libur Lebaran hari kedua.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disporapar Jateng, Prambudi, mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan lokasi wisata di 35 kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Menurutnya, ada beberapa titik yang nantinya akan dibanjiri wisatawan yang memanfaatkan libur panjang Lebaran ini.

"Dari prediksi kami, ada 4,5 juta kendaraan. Kalau mobil saja ada 2 juta unit, sudah berapa? Prediksi kami, pasti ada lebih dari 8 juta wisatawan yang datang di beberapa lokasi wisata di Jateng," katanya, Sabtu (16/5/2018).

Prambudi menyebut, ada empat titik yang diprediksi dipadati wisatawan. Dan untuk kenyamanan wisatawan, Disporapar telah mengerahkan tim agar wisatawan bisa nyaman saat berwisata di Jateng.

"Kami perkirakan, empat titik tersebut di Borobudur Magelang, di Sangiran atau Solo Raya, Dieng dan sekitarnya, dan Karimunjawa Jepara. Semua sudah kami koordinasikan dengan pemerintah daerah setempat maupun pusat untuk membuat wisatawan ini nyaman," bebernya.

Prambudi menambahkan, puncak datangnya wisatawan adalah hari ini dan Minggu (17/6/2018) esok.

Meski demikian, menurutnya, wisatan akan terus datang hingga tradisi Syawalan di beberapa daerah digelar.

"Kemarin sudah ada pemerintah daerah yang melapor kalau mereka akan membuat acara pada perayaan Syawalan. Salah satunya di Kendal. Jadi kami akan bersiaga terus hingga syawalan selesai," jelasnya. (*)

Penulis: hesty imaniar
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved