Pantau Arus Balik, Kapolri Tito Karnavian: Beberapa Titik Ini Bisa Rawan Macet

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan pemantauan melalui udara dan darat menyusuri jalan tol dan jalur pantura di Jawa Tengah.

Pantau Arus Balik, Kapolri Tito Karnavian: Beberapa Titik Ini Bisa Rawan Macet
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberi keterangan usai melakukan pemantauan udara di Jembatan Kalikuto, Kendal, Selasa (19/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H+4 Lebaran, Rabu (20/6/2018).

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pun melakukan pemantauan melalui udara dan darat menyusuri jalan tol dan jalur pantura di Jawa Tengah.

Dia menyebut beberapa titik bisa menjadi pemicu kemacetan, yaitu di gerbang tol, rest area, dan kendaraan yang berhenti di bahu jalan.

"Pada 17 Juni mulai ada peningkatan arus sampai malam hingga tanggal 18 Juni. Prediksi puncak arus tanggal 20 Juni dan gelombang kedua puncak arus balik pada 23-24 Juni," tuturnya di Jembatan Kalikuto, Kendal.

Menurutnya, ada beberapa rencana yang sudah dipersiapkan guna mengurai kepadatan arus balik akibat jumlah kendaraan yang berlebih.

"Kalau terjadi volume kendaraan arus balik yang tinggi, akan digunakan pemecahan arus, contra flow, dan one way," jelasnya.

Kapolri juga memberi kebebasan kepada seluruh jajaran kepolisian pemegang wilayah masing-masing untuk melalukan diskresi dalam mengurai kepadatan.

Sebagai titik rawan macet, Jembatan Kalikuto tak luput dari pantauan Kapolri melalui udara.

"Saat masuk Jembatan Kalikuto sempat ada antrean, 500 sampai 600 meter. Masih terpantau tertib karena ada petugas yang mengatur, langsung dipecah ke jalur pantura. Situasi saat ini masih relatif lancar," tandasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved