Pendonor Darah di PMI Kota Semarang Membludak, Sampai Antre Berjam-jam

Ratusan warga datangi Kantor Unit Transfusi Darah PMI Kota Semarang pada Rabu (20/6) untuk mendonorkan darah mereka.

Pendonor Darah di PMI Kota Semarang Membludak, Sampai Antre Berjam-jam
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Ratusan warga datangi Kantor Unit Transfusi Darah PMI kota Semarang pada Rabu (20/6) untuk mendonorkan darah mereka. 

Laporan wartawan Tribun Jateng Dhian Adi Putranto

TRIBUN JATENG.COM, SEMARANG - Ratusan warga datangi Kantor Unit Transfusi Darah PMI Kota Semarang pada Rabu (20/6) untuk mendonorkan darah mereka.

Tak pandang tua apa muda, mereka rela antri berjam-jam untuk dapat menyumbangkan darah mereka demi menyelamatkan nyawa orang lain.

Seperti halnya yang dilakukan Supriyono Hadi, warga Mijen. Meski rumahnya jauh namun ia tetap manfaatkan waktu liburnya untuk mendonorkan darahnya.

"Saya rutin berdonor darah sejak tahun 1995. Saya sangat termotivasi untuk menolong orang," terangnya.

Ia pun bahkan mengajak teman-teman untuk mendonorkan darah, namun sayang temannya enggan melakukan itu. Ia mengungkapkan bahwa para temannya menganggap bahwa PMI memanfaatkan darah orang untuk mencari untung.

"Padahal yang dilakukan PMI yakni menolong orang, biaya yang dikenakan untuk pengelolaan saja. Kalau tidak ada yang donor darah dan PMI maka ribuan orang akan tak tertolong," paparnya

Ia mengatakan sebenarnya jadwal ia mendonorkan darahnya jatuh pada bulan mei lalu. Namun karena puasa dan mengalami sakit dirinya memilih menunda mendonorkan darahnya.

"Kasian lihatnya waktu bulan puasa PMI pasti kekurangan stok darah karena sepi pendonor, tapi saya sendiri tidak kuat apabila mendonorkan darah saat puasa," katanya.

Kasubag Humas PMI kota Semarang, Agnisa Fiani mengaku bersyukur banyaknya orang mendonorkan darahnya pada saat ini. Ia mengaku selama beberapa waktu terakhir stok darah PMI sedang mengalami penurunan.

"Pemandangan ramai ini sudah sejak dua hari yang lalu. Ya mudah-mudahan karena sudah selesai bulan puasa dan liburan juga hampir selesai saya berharap para pendonor kembali segera mendonorkan darah mereka" terangnya.

Pihaknya pun juga memberikan kupon undian berbagai macam hadiah seperti alat elektronik dan alat olahraga bagi para pendonor yang mendonorkan darahnya pada 1 hingga 24 Juni ini. Kupon ini akan diundi pada 14 Juli mendatang

"Ini berlaku bagi pendonor darah sukarela. Untuk pendonor pengganti tidak mendapatkan kupon," paparnya.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved