Artis-artis Ibukota Meriahkan Perayaan Khitanan di Kabupaten Tegal

Khitanan bagi anak laki-laki adalah suatu keharusan, sekaligus bagian dari tradisi masyarakat.

Penulis: Akhtur Gumilang | Editor: Catur waskito Edy
akhtur gumilang

TRIBUNJATENG.COM - Khitanan bagi anak laki-laki adalah suatu keharusan, sekaligus bagian dari tradisi masyarakat.

Sebagian di antaranya menjadikannya sebagai momen yang patut dirayakan. Bahkan, ada yang menggelar hajatan itu dengan perayaan besar-besaran.
---
Hal itu seperti dilakukan Supandi, warga Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Perayaan sunatan kedua anaknya digelar sangat meriah, dengan hiburan yang diisi artis-artis nasional mulai dari, Rita Sugiarto, pendangdut bintang Panturan Ratu, Tasya, Mansyur S, hingga Armada Band dan Setia Band.

Dua anak yang dikhitankan tersebut ialah Adrian Fahrul Failani (putra kedua, 13) dan Albryan Rayza Putra (putra ketiga, 12). Supandi merupakan pengusaha logam asal Kabupaten Tegal yang sudah cukup lama menjalankan bisnisnya.
Acara khitanan kedua putra Supandi berlangsung selama dua hari, dari Rabu (20/6) hingga Kamis (21/6) di Pendopo Lapangan Dukuhturi, Desa Pagongan, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

"Dimulainya malam ini (Rabu-Red). Pengisi acara malam ini ada Rita Sugiarto dan Mansyur S. Besok (Kamis-Red), ada band kenamaan Tanah Air, yakni Armada Band dan Setia Band yang siap menghibur warga," ucap Supandi, kepada Tribunjateng.com, Rabu (20/6) malam.

Menurut dia, acara perayaan khitanan yang diselenggarakan keluarganya terbilang sangat megah. Pasalnya, untuk sekelas perayaan sunatan, ia rela mengundang artis-artis ternama, bahkan band terkenal kancah nasional.

Ia pun meyakini acara yang diselenggarakannya bisa jadi yang termegah se-Indonesia tahun ini untuk sekelas tasyakuran prosesi sunatan.

"Meski hanya sekedar tasyakuran khitanan dua anak kami, kami buat semeriah mungkin. Ini demi menghibur warga sekitar juga. Jadi, tak hanya kami yang bahagia, warga sekitar pun ikut senang. Saya harap warga sekitar bisa terhibur," jelasnya.

Suypandi menuturkan, khitanan hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup bagi seorang pria, sehingga perlu dirayakan secara megah dan besar. "Niat kami hanya ingin memberikan hiburan bagi warga," paparnya.

Adapun, ribuan orang memadati Pendopo Lapangan Dukuhturi, Desa Pagongan, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, pada Rabu (20/6) malam, untuk menyaksikan konser gratis yang dimeriahkan sejumlah artis-artis dangdut dan band-band ternama.

Satu di antara pengunjung, Kristanto, warga sekitar, menyambut baik acara itu karena di desanya sangat minim hiburan rakyat yang bisa dinikmati bersama.

"Konser kayak gini jarang di desa kami. Meski bakal padat, tapi tidak apa, yang penting ada hiburan bersama, karena ada artis-artis ternama juga," tuturnya, di sela menyaksikan penampilan Rita Sugiarto.

Pedangdut Mansyur S menjadi satu pengisi acara yang ditunggu-tunggu. Saat ia berjalan menuju panggung yang berjarak sekitar 5 meter dari rumah Supandi, Mansyur S langsung diserbu dan disoraki ibu-ibu tamu undangan.

Lebih dari 20 ibu-ibu tamu undangan dengan histeris mengerubungi Mansur S karena ingin berswafoto bersama.

"Sabar-sabar yah, habis konser saja (foto-foto-Red)," ucap Mansyur singkat. (Akhtur Gumilang)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved