Cahaya Sian Pada Layar HP Ternyata Bikin Susah Tidur

Para ilmuwan menemukan, tingginya cahaya sian dalam layar dapat menurunkan produksi melatonin tubuh yang membuat tubuh terjaga

Cahaya Sian Pada Layar HP Ternyata Bikin Susah Tidur
AnaBGD
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Banyak orang yang mengatakan untuk menjauh dari layar komputer atau smartphone jika ingin tidur cepat.

Sebenarnya apa yang salah dengan layar komputer atau smarthphone? Menurut studi dalam jurnal Sleep yang terbit (18/5/2018), masalahnya ada pada sian atau warna biru kehijauan yang dipancarkan layar komputer dan layar smarthphone.

Para ilmuwan dari Universitas Manchester menemukan, tingginya cahaya sian dalam layar dapat menurunkan produksi melatonin tubuh yang membuat tubuh terjaga dan tidak mengantuk.

Para peneliti pun telah mendokumentasikan bagaimana cahaya sian yang tinggi membuat peserta penelitian merasa lebih waspada dibanding saat melihat warna yang lebih redup.

Ahli melihat, semakin banyak responden terkena paparan cahaya sian maka semakin sedikit melatonin atau hormon tidur dalam ludah.

"Hasil ini menarik karena mengajarkan kita bahwa dengan mengatur paparan cahaya sian dapat memengaruhi rasa kantuk," kata Profesor Rob Lucas dari Universitas Manchester dilansir IFL Science, Jumat (22/6/2018).

Dari studi ini, ahli juga mengembangkan jenis layar baru yang dapat menangkis mata tetap terjaga.

"Kami mengembangkan pengetahuan ini untuk meningkatkan desain tampilan visual. Kami telah membangun layar melanopik dengan mengadaptasi proyektor data, dan kami harap desain ini dapat digunakan untuk segala jenis gadget," imbuhnya.

Layar melanopik disebut dapat membantu pengguna mengontrol tingkat cahaya sian yang dipancarkan layar. Ahli berpendapat, layar ini memiliki kualitas gambar yang lebih tajam.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Cahaya Sian Pada Layar "Gadget" Picu Kita Susah Tidur

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved