Liputan Khusus

Arus Mudik-Balik Lebaran 2018 Sisakan Cerita Perjalanan Pemudik, Tri Hemat Waktu 10 Jam

Pria yang berprofesi sebagai kontraktor itu memulai perjalanan dari tol Cikarang Barat, kemudian melanjutkan perjalanan lewat tol Cipali

Arus Mudik-Balik Lebaran 2018 Sisakan Cerita Perjalanan Pemudik, Tri Hemat Waktu 10 Jam
IST
Kondisi lalu lintas di simpang susun Krapyak menuju tol fungsional Semarang-Batang terpantau ramai lancar, Selasa (19/6/2018) siang. 

TRIBUNJATENG.COM -  Lalu lintas kendaraan arus mudik-balik Lebaran 2018 telah usai, dengan batas akhirnya disebut pada Minggu (24/6) kemarin, atau H+8.

Hal itupun menyisakan beragam cerita dari pemudik dengan kendaraan pribadi yang merasakan perbedaan menempuh perjalanan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pemudik asal Jakarta, Tri Wicoro (45) bercerita pengalamannya menyusuri tol fungsional pada H-1 Lebaran. Ketika itu, ia bersama keluarga hendak merayakan Lebaran menuju kampung halamannya di Lendah, Kulon Progo, DIY.

Pria yang berprofesi sebagai kontraktor itu memulai perjalanan dari tol Cikarang Barat, kemudian melanjutkan perjalanan lewat tol Cipali hingga Pejagan.

Setelah itu, Tri sempat bingung apakah menggunakan jalur selatan seperti yang sering ia lakukan, atau melalui tol fungsional Pemalang-Semarang.

Namun, setelah melihat kemacetan di jalur selatan dari aplikasi navigasi GPS smartphone, ia memutuskan untuk memilih menggunakan jalur tol fungsional.

"Di peta, jalur selatan jalan merah semua (tanda kemacetan-Red), jadi saya putuskan lewat Semarang tembus ke Bawen dilanjutkan ke Yogyakarta," ujarnya, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Menurut dia, tak ada kendala berarti ketika melewati tol fungsional Pemalang-Semarang. "Jalan lancar, nggak ada macet, atau titik-titik jalan yang berbahaya. Kondisi jalan juga semuanya sudah berupa cor, sehingga nyaman ketika melintas," katanya.

Meski sempat ragu, Tri justru merasa menggunakan tol fungsional membuat waktu tempuh menjadi lebih singkat. Bahkan, ia bisa menghemat waktu sekitar 10 jam.

Jika biasanya menggunakan jalur Selatan membutuhkan waktu 24 jam untuk sampai Yogyakarta, perjalanan mudiknya dari Jakarta menuju Yogyakarta ditempuh hanya dengan waktu 14 jam.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved