Mengenal Destana, Relawan Bencana di Banjarnegara

Pembentukan Destana bukan hanya dilaksanakan di Desa Sirongge yang terkenal rawan longsor

Mengenal Destana, Relawan Bencana di Banjarnegara
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Pelatihan Destana di Desa Sirongge Pandanarum Banjarnegara. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Tinggal di kawasan rawan bencana menuntut masyarakat di Kabupaten Banjarnegara harus siap menghadapi risiko bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di lingkungan mereka.

Berbagai program pengurangan risiko bencana pun disiapkan untuk menekan timbulnya korban jiwa maupun harta benda.

Masalahnya, jumlah anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara yang dimandati negara untuk menangani bencana di daerah sangatlah terbatas. Tak ayal, tanpa bantuan masyarakat atau relawan, petugas bisa keteteran dalam menangani peristiwa bencana.

Kerelawanan mutlak dibutuhkan baik dari unsur masyarakat lokal maupun organisasi masyarakat untuk mengefektifkan penanganan bencana yang butuh perhatian banyak pihak.

Menyadari itu, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyiapkan berbagai langkah antisipasi, antara lain melalui penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) tanggap bencana melalui bimbingan teknis desa tangguh bencana (Destana) di 10 lokasi pembentukan Destana.

Launching pembentukan Destana ini telah dilaksanakan di Desa Sirongge Kecamatan Pandanarum Jum'at hingga Minggu (22-24/6) kemarin.

Pembentukan Destana bukan hanya dilaksanakan di Desa Sirongge yang terkenal rawan longsor.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arif Rahman mengatakan, selain di Desa Sirongge, pembentukan Destana juga akan dilaksanakan di 9 desa lainnya meliputi, desa Plorengan Kecamatan Kalibening, Desa Bantar Kecamatan Wanayasa, Desa Sampang Kecamatan Karangkobar, Desa Ratamba Kecamatan Pejawaran, Desa Pasurenan Kecamatan Batur, Desa Pakelen Kecamatan Madukara, Desa Sipedang Kecamatan Banjarmangu, Desa Sawal Kecamatan Sigaluh dan Desa Kebutuh Jurang Kecamatan Pagedongan.

Pelatihan relawan tanggap bencana ini melibatkan berbagai unsur dari kelompok masyarakat di desa.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved