Puji Bagikan Opor Gratis Saat Haul Wali Gembyang di Kendal

Untuk merayakan haul wali Gembyang 9 bulan Syawal, warung makan milik Puji selalu menyediakan opor gratis bagi masyarakat.

Puji Bagikan Opor Gratis Saat Haul Wali Gembyang di Kendal
TRIBUNJATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Untuk merayakan haul wali Gembyang 9 bulan Syawal, warung makan milik Puji selalu menyediakan opor gratis bagi masyarakat. 

Laporan wartawan Tribun Jateng Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Untuk merayakan haul wali Gembyang yang jatuh pada tanggal 9 bulan Syawal, warung makan milik Puji selalu menyediakan opor gratis bagi masyarakat. Yaitu pengunjung atau peziarah yang hadir di makam wali Gembyang di Jalan Laut, Kota Kendal dapat santapan opor gratis.

Sehari sebelum perayaan haul wali Gembyang, warungnya yang terletak berdekatan dengan makam wali Gembyang itu disibukkan proses memasak opor untuk ratusan porsi yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang datang ke dalam acara haul tersebut.

Opor disajikan dalam piring lengkap dengan lontong dan bawang gorengnya.

Puji mengatakan pada tahun ini dirinya menambah porsi opor gratisnya. Jumlahnya hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu dikarenakan pengunjung makam wali Gembyang yang sangat banyak pada saat acara haul wali Gembyang sehingga sering kekurangan.

"Alhamdulillah tahun ini bisa menyajikan lagi opor gratis bagi masyarakat yang datang ke haul wali Gembyang. Tahun kemarin saya sediakan sekitar 300 porsi. Saat ini lebih dari 500 porsi," paparnya, Sabtu (23/6).

Ia mengimbuhkan biasanya setelah acara mendoakan wali Gembyang, masyarakat yang berdatangan langsung mengambil porsi opor yang telah disajikan di atas meja warung miliknya itu.

Tamu yang datang bukan hanya dari Kendal melainkan dari berbagai daerah lain.

Purwanto, warga setempat mengatakan bahwa pembagian opor gratis ini merupakan tradisi sejak lama. Hal itu menjadi tradisi turun temurun yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

"Selain itu setiap rumah warga kami juga menyiapkan 10 nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat yang datang ke haul wali Gembyang," katanya. (*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved